Wednesday, May 28, 2014

Mengenal Soa Payung


Soa Payung (Chlamydosaurus kingii), juga dikenal sebagai frilled lizard atau frilled dragon, ditemukan terutama di bagian utara Australia dan selatan New Guinea. Spesies ini adalah satu-satunya anggota dari genus Chlamydosaurus. Namanya berasal dari "payung" besar di lehernya, yang biasanya tetap dilipat, pada umumnya payungnya dikembangkan saat sedang menghadapi bahaya untuk menakut-nakuti musuhnya, membuat tubuhnya seolah-olah terlihat lebih besar. Soa payung menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon-pohon (arboreal). Diet kadal ini terdiri dari serangga dan vertebrata kecil. ukuran dewasa soa payung relatif besar, rata-rata 45-60 cm untuk betina, dan 50-70 cm untuk jantan, bahkan ada yang bisa mencapai 80 cm. soa payung mencapai usia dewasa dalam waktu 2-3 tahun.




baby size


adult size





ada 3 variasi di spesies ini
1. Australian-Queensland locality
Biasanya disebut Yellow Phase. biasanya memiliki payung yang lebih besar ketimbang locality lain, sedikit atau tidak ada pola di tubuhnya dan mencapai ukuran 50-75cm. ciri-ciri lainnya, biasanya memiliki pipi berwarna putih.








2. Australian-Northern Territory Locality
ciri-ciri pada umumnya memiliki warna tubuh hitam gelap/merah dan payung berwarna kemerahan. perutnya berwarna hitam dari leher ke bawah. soa payung locality ini memiliki payung besar, ekor gemuk, dan kepala yang cenderung besar. dapat tumbuh 50-75 cm.












3. New Guinea
inilah locality yang paling banyak beredar di pasaran.memiliki tubuh yang relatif lebih kecil daripada locality lainnya, memiliki warna badan dari coklat kemerahan dengan pattern abu-abu di sepanjang tubuhnya. ukuran dewasa antara 45-60 cm











4. hybrid-New Guinea X Australian
memiliki ukuran lebih besar daripada new guinea, dengan motif badan menyerupai new guinea, tetapi memiliki warna payung yang lebih menarik seperti australian, yaitu kemerahan





0 komentar: