Saturday, March 8, 2014

Yuk kenalan sama ikan Guppy

Jika Anda pecinta ikan hias, Anda pasti mengenal ikan gupi atau guppy atau Poecilia reticulate. Ia memang dikenal sebagai ikan mungil yang paling banyak dipelihara para penggemar ikan. Bagi Anda yang konsern pada usaha penanggulangan penyakit Demam Berdarah, boleh jadi Anda juga mengenal ikan gupi. Sebab ia memang adalah ikan yang mengkonsumsi jentik nyamuk khususnya aedes agepty, si nyamuk totol penebar demam berdarah.

Ikan gupi berasal dari Benua Amerika tepatnya dari Brazil, Venezuela, dan Guyana. Ia merupakan ikan air tawar yang sering dijadikan makanan ikan haruan juga arwana. Jika merunut sejarah, sebenarnya ikan mungil ini pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Wihelm Peters di tahun 1856. Namun baru pada tahun 1866, ikan gupi ditemukan lagi oleh seseorang bernama R.J.L Guppy. Dari nama penemu kedua inilah yang kemudian menginspirasi pemberian nama ikan dengan ekor yang diklaim paling indah ini.

Ikan gupi banyak digemari sebab ia memang memiliki tampilan yang indah. Pada ekornya terlihat ada corak menarik yang sukar ditandingi jenis ikan hias lainnya. Selain itu, ikan gupi ini juga dikenal mudah untuk dikembangbiakkan. Karenanya, ia semakin dicintai.
Artikel Terkait :

0 komentar: