Saturday, March 8, 2014

Sejarah ikan Komet

Ikan Mas Komet (Carassius Auratus) atau biasa dipanggil ikan komet memiliki ciri fisik yang sangat khas dari ikan lain, bentuknya yang sedikit agak memanjang dengan ekor yang biasanya panjang gemulai menjadi pembeda dari ikan lainnya.

Utuk asal mula munculnya ikan komet ada 2 versi, TS juga tidak tahu mana yang benar tapi keduanya akan ditampilkan kutipan artikelnya.

Sejarah pertama:
Ikan berpostur ramping ini pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada tahun 1729. Awalnya bentuk ikan komet ini seperti ikan maskoki. Karena kedua jenis ikan mas ini masih satu kerabat, yakni dari keluarga Cyprinidae. Pada zaman Dinasti Ming (tahun 1368-1644) popularitas ikan komet makin menanjak. Setelah itu, penyebaran ikan komet berkembang sampai ke Negeri Sakura.

Sejarah kedua:
Ikan komet dikembangkan di Amerika sekitar akhir abad ke-19. Nama komet diambil dari nama benda angkasa yaitu komet Halley. Ikan komet memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan ikan maskoki. Dengan harga yang murah, ikan komet banyak diminati oleh konsumen ikan hias.

0 komentar: