Saturday, March 8, 2014

Penyakit yang Biasa Menyerang dan Pengobatan



WHITE SPOT (ICH)
Penyebab:
Parasit yang bernama Ichthyophtbyrius, suhu air yang berubah cukup drastis dari hangat ke dingin, air kotor, dan pakan alami yang tidak bersih. Hati-hati karena sangat cepat menular,

Gejala:
Muncul bintik-bintik seperti butir garam di ekor, sirip maupun badan. Ikan sering menggosokkan badan-nya ke pinggiran atau dasar kolam/aquarium. Nafsu makan biasanya menurun, warna bisa memucat, bila sudah parah seluruh tubuh ikan terlihat seperti habis ditaburi bubuk putih.

Pengobatan:
Lebih baik memindahkan ikan yang sehat, karena parasit sudah berada di kolam/aquarium anda, bila kerepotan atau tidak ada wadah pemindahan sekalian saja diobati semua. Gunakan mythlene blue dan garam ikan untuk mengobati ikan, biasanya dosis tertera di kemasan. Bisa pakai merk RidAll atau Blitz Ich, pengalaman sih lebih ampuh Blitz. Dan jangan lupa garam ikan untuk membantu metabolisme ikan dan mengusir bakteri karena Ich takut pada salinitas garam. Bila menggunakan filter biologis dan kimiawi disarankan dicopot sisakan kapas saja, setelah 2-3 hari air bisa dikuras sedikit kemudian ditambah air baru. Bila ikan belum sembuh tambahkan lagi dosis baru sesuai air yang terbuang.

Fakta unik:
Biasanya ikan yang pernah terserang WS dan selamat akan lebih tahan bila ada wabah WS lagi, karena ikan telah memiliki antibodi yang melindungi nya. Tapi bukan jaminan 100% pasti aman dari WS loh ya


FIN ROT DAN TAIL ROT
Penyebab:
Sirip atau ekor terkoyak akibat hiasan kolam/aquarium atau keusilan teman satu kolam lalu terinfeksi oleh bakteri. Bisa disebabkan juga oleh kondisi air yang kotor dan perubahan suhu air yang cukup besar.

Gejala:
Muncul warna gelap atau kadang kemerahan seperti berdarah di pinggiran sirip, sirip yang terserang lama kelamaan jadi habis seperti rontok/sobek, ikan masih tetap aktif bergerak, nafsu makan tetap baik, warna memucat. Bila sudah parah busuknya akan merembet sampai ke badan ikan (fatal).

Pengobatan:
Secepatnya pindahkan ikan yang sakit karena bisa menular dengan cukup cepat. Gunakan antibiotik tetracycline yang bisa didapat di apotek, dosis nya sekitar 20-30mg per liter air. Bila dirasa perlu bisa ditambahkan mythlene blue dan garam ikan untuk membantu pengobatan. Bisa pakai merk RidAll atau Blitz Ich, pengalaman sih lebih ampuh Blitz. Bila menggunakan filter biologis dan kimiawi disarankan dicopot sisakan kapas saja, setelah 2-3 hari air bisa dikuras sedikit kemudian ditambah air baru. Bila ikan belum sembuh tambahkan lagi dosis baru sesuai air yang terbuang.

Fakta unik:
Tetracycline sebenarnya merupakan antibiotik untuk manusia bahkan katanya bisa buat sakit kelamin, tapi efeknya buat ikan luar biasa ampuh asal sesuai dosis
Pengobatan dengan tetracycline akan membuat air berwarna kuning dan berbuih di permukaannya.


JAMUR KULIT
Penyebab:
Jamur yang muncul akibat kondisi air yang kotor

Gejala:
Muncul bercak-bercak putih seperti kapas (mirip panu-an), ikan jadi malas bergerak, warna memudar, bisa juga menjadi kurang nafsu makan.

Pengobatan:
Pindahkan ikan yang terserang penyakit jamur ke wadah terpisah (karantina) karena bisa menular bahkan menyebabkan kematian masal bila tak cepat ditanggulangi. Pengobatan mungkin bisa menggunakan mythlene blue dan garam ikan. Dengar-dengar bisa juga pakai chloromycetin/chloramphenicol (coba cari di apotek) dengan dosis 10 - 20 mg per liter. Bila menggunakan filter biologis dan kimiawi disarankan dicopot sisakan kapas saja, setelah 2-3 hari air bisa dikuras sedikit kemudian ditambah air baru. Bila ikan belum sembuh tambahkan lagi dosis baru sesuai air yang terbuang.


CLOUD EYE
Penyebab:
Kondisi air yang kotor

Gejala:
Muncul semacam selaput di mata ikan, warna mata ikan memudar dan terlihat seperti buta.

Pengobatan:
Pindahkan ikan yang terserang penyakit jamur ke wadah terpisah (karantina). Pengobatan bisa garam ikan + heater dan sering-sering kontrol air biar selalu bersih. Untuk obat bisa menggunakan tetracycline 20-30mg per liter air atau melafix. Bila menggunakan filter biologis dan kimiawi disarankan dicopot sisakan kapas saja.
Menurut agan noxxy bisa juga mencoba larutan sirih, rebus sirih 2 lembar dengan 1 liter air, setelah dingin masukkan ikan kurang lebih 10 menit atau sekuat ikannya.

0 komentar: