Wednesday, March 5, 2014

Pelatihan Dasar Kuda: Lungeing


Lungeing merupakan pelatihan dasar kuda  sebelum kuda dapat ditunggangi. Lungeing melatih stamina, membentuk otot-otot kuda serta melatih kuda mengerti dasar-dasar perintah yang diberikan. Lungeing membutuhkan kesabaran   dan ketelatenan. Kuda yang masih  “hijau” atau belum pernah mendapatkan pelatihan sama sekali membutuhkan waktu  4-6 bulan untuk  sampai bisa ditunggangi. Kuda muda biasanya mulai di-Lungeing saat berumur 2 tahun. Sehingga ketika kuda berumur 2,5 tahun kuda mulai bisa ditunggangi. Menuggangi kuda sebelum berumur 2,5 tahun sangat berisiko kuda cedera karena tulang-tulang kuda masih terlalu muda untuk menopang beban.

Stable-stable besar biasanya memiliki lungeing ring atau arena khusus untuk lungeing. Lungeing ring merupakan arena berberbentuk lingkaran dengan diameter 10 meter. Arena ini memudahkan pelatih untuk me-lungeing kuda karena pelatih kuda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengendalikan kuda. Pelatih cukup membuat kuda mengikuti track disepanjang tepi arena, sehingga pelatih bisa lebih terfokus pada latihan yang dikehendaki.

Lungeing memiliki seni tersendiri karena menuntut  seorang pelatih kuda benar-benar memahami sifat-sifat masing-masing kuda serta melatih kuda untuk mengerti kemauan pelatih. Teknik lungeing terbagi 2 yaitu lungeing 1 tali dan lungeing 2 tali. Teknik Lungeing  1 tali lebih umum  digunakan di Indonesia karena jauh lebih mudah. Tali lungeing dikaitkan pada ring bit kemudian kuda dibuat jalan melingkar dengan pelatih kuda berada di tengah-tengah lingkaran. Sudut antara badan kuda dan tali harus membentuk sudut  45 derajat. Hal ini salah satunya bertujuan agar kuda tetap melaju  kedepan sesuai dengan tipe langkah kuda. Kesulitannya adalah kuda-kuda yang masih hijau biasanya berbalik arah.


Lungeing 2 tali tidak disarankan untuk dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman. Teknik lungeing ini membutuhkan pengetahuan mendalam tentang fisiologi kuda, ragam langkah, willingness, accepting bit, serta emosional kuda. Lungeing 2 tali biasanya menggunakan tali yang lebih panjang dibanding pada Lungeing 1 tali, Sehingga teknik 2 tali biasa disebut long line lungeing. Peralatan lungeing meliputi tali lungeing, kaos tangan serta lungeing whip.


Artikel Terkait :

0 komentar: