Sunday, March 23, 2014

Mengenal ikan Layur yang ramping


Layur (Trichiurus lepturus)

Layur (Trichiurus lepturus) merupakan salah satu jenis ikan hasil tangkapan para Nelayan Indonesia. Barangkali, nama ikan jenis ini tidak begitu familiar di telinga anda. Begitu pula dengan bentuk dan rasa ikan ini.
Layur banyak terdapat di perairan Indonesia, barangkali tersebar luas di hampir seluruh wilayah Kepulauan Indonesia. Hampir di setiap Pelabuhan Perikanan yang memiliki Tempat Pelelangan Ikan kita akan dapat dengan mudah mendapati ikan Layur ini diperjualbelikan oleh para Nelayan yang baru saja bongkar muatan.


Layur merupakan tipe ikan pelagis dan memiliki sifat fototaksis positif (mudah tertarik oleh rangsangan cahaya). Oleh karena itu, Nelayan menggunakan umpan cahaya untuk memancing Layur. Biasanya Nelayan membawa petromak ataupun lampu neon sebagai attraktor bagi ikan Layur.

Pada saat malam hari, dimana Layur beruaya dari dasar menuju ke permukaan, Layur akan tertarik oleh umpan cahaya yang dipasang oleh Nelayan. Saat ikan Layur mendekati permukaan, Nelayan akan dapat dengan mudah menangkap baik menggunakan pancing ataupun jaring. Layur merupakan tipe ikan yang sosial, biasanya mereka beruaya atau hidup secara bergerombol. Dengan demikian, Nelayan dapat memperoleh hasil tangkapan yang banyak apabila telah mendapat tempat ruaya Layur yang tepat.

Layur dapat mudah dijumpai di laut saat musim angin timur (April - Oktober). Bulan-bulan tersebut merupakan bulan panen Layur bagi para Nelayan.

Badan Layur panjang dan ramping. Panjang tubuhnya dapat mencapai 2m dan bobotnya bisa mencapai 5Kg. Berdasarkan sumber dari Wikipedia, umur maksimal Layur yang pernah tercatat adalah 15 tahun. Meskipun tubuhnya ramping dan tidak memiliki banyak daging, namun layur tetap banyak diburu. Hal ini karena dagingnya yang lembut dan tidak memiliki banyak duri. Berbagai resep masakan pun dapat menggunakan bahan dasar ikan Layur, muali dari Sup Layur, Peyek Layur ataupun Layur yang dikeringkan.

Ikan ini juga merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi komoditas ekspor. Negara tujuan utama ekspor ikan Layur adalah Jepang dan Korea. Penduduk Jepang dan Korea sangat menggemari masakan yang terbuat dari ikan Layur.

0 komentar: