Saturday, March 8, 2014

Mengenal ikan Corydoras

Deskripsi

Corydoras merupakan ikan catfish yang sering dijual di toko ikan. Kadang-kadang juga ikan ini sering dipanggil sebagai ikan tikus karena bentuknya yang kontet dengan kebiasaan berenang seperti tikus yang sedang lari saat melihat manusia. Corydoras yang berasal dari kata yunani dengan Kory (topi zirah) dan doras (kulit). Ikan corydoras ini terdiri dari banyak species. Hingga sekarang ini ada lebih dari 142 species dan karena masih banyak yang belum ditentukan penamaannya, maka pengklasifikasian Corydoras menggunakan C-number. C-number ini adalah urutan nama Corydoras dengan angka-angka agar lebih memudahkan pengklasifikasian sementara. Ikan Corydoras memiliki kulit yang keras dan juga memiliki panjang yang bervariasi dari 25-120milimeter tergantung speciesnya. Di dunia ini, Corydoras berasal dari sungai-sungai yang berada di Amerika Selatan.

Kebutuhan airnya

Karena tinggal di daerah Amerika Selatan yang bersifat tropis, maka air yang dibutuhkan Corydoras biasanya berada pada jangkauan asam pH 5,5-7,0 dengan kesadahan air 5-10°dH dan suhu berkisar 24-28°C.

Sifat-sifatnya

Corydoras memiliki sifat biasanya dia tinggal di dasar air dengan mengeruk-ngeruk pasir atau bebatuan di dasar untuk mencari makanannya, pada aquarium, sifat ini membuatnya berguna untuk membantu memebersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal. Corydoras juga terkadang sering menghirup udara dari permukaan. Jadi hal yang wajar apabila dari arah kloaka Corydoras tiba-tiba ada gelembung uda yang keluar karena ada udara yang masuk dari mulutnya ke arah pencernaan. Kebanyakan Corydoras juga mempunyai sifat untuk berenang bersama, maka dari itu disarankan untuk memelihara Corydoras lebih dari 5. Untuk membedakan jantan betina, biasanya Corydoras jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari betina seperti pada gambar di bawah ini:
Contoh jantan(depan) dan betina(belakang) pada Corydoras brevirostris

Berkembang Biak


Corydoras berkembang biak dengan bertelur dan fertilisasi eksternal. Saat sedang akan kawin, biasanya Corydoras jantan akan menari-nari di depan betinanya untuk mencari perhatian. Satu Corydoras betina dapat dikelilingi oleh empat jantan. Setelah itu sang betina akan mulai membersihkan tempat di mana ia akan bertelur. Beres dari itu, betinanya akan mengejar jantan pujaannya dan menggesek-gesekkan kepalanya ke bagian tengah badan jantannya. Pada posisi ini jantan akan menjepit sungut si betina dengan menggunakan sirip dadanya, sang jantan akan terlihat bergetar untuk satu atau dua detik sebelum melepaskan cengkeramannya pada betina. Betina akan mengeluarkan telur ke dalam kantong yang dibentuk oleh sirip perutnya yang dijepitkan. Pada beberapa spesies terkadang betina melepaskan telurnya tersebut ke kantong setelah laki-laki melepas cengkramannya. Biasanya perkawinan Corydoras ini disebut posisi kawin ‘T’.
Artikel dan gambar Berkembang biak diambil dari Planetcatfish.com by Ian Fuller

Makanan Corydoras

Corydoras biasanya makan pakan yang tenggelam, maka dari itu, lebih baik berikan pellet yang tenggelam untuk mereka. Selain itu, Corydoras pun senang makan Bloodworm(cacing darah) dan tubifex(cacing sutera).

Artikel Terkait :

0 komentar: