Saturday, March 8, 2014

Mengenal Goby air tawar

Bumblebee Goby (Brachygobius xanthozona)




  • Famili
Gobiidae (Perciformes)
  • Distribusi & Habitat
Berasal dari Thailand, Vietnam, dan Indonesia bagian barat. Kebayakan ikan ini hidup di daerah estuaria atau muara sungai.
  • Ukuran
4,5 cm
  • Set-up Akuarium
Bumbleebee Goby adalah ikan yang tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas. Ikan ini dapat ditempatkan dalam tangki yang berukuran kecil bila dipelihara secara berpasangan. Akuarium yang digunakan untuk ikan ini berukuran minimal cukup 30x20x20 cm atau berkapasitas 12,5 liter saja. Ukuran akuarium yang lebih besar lagi diperlukan bila memeliharanya secara berkelompok. Ikan ini dapat hidup di air tawar selama beberapa saat sebelum akhirnya kondisinya memburuk atau jatuh sakit lalu  kemudian mati. Memang karena sebenarnya habitat asli ikan ini berada di perairan payau sehingga tidak begitu cocok bila ditempatkan di air tawar, meskipun di alam liar terkadang ikan ini ditemukan di air tawar. Karena itu kondisi air dalam akuarium harus sedikit payau dengan cara menambahkan  air laut kira-kira sekitar seperempat dari volume akuarium. Sedapat mungkin, sediakan banyak tempat persembunyian seperti pipa, tabung plastik panjang, kayu (bogwood), pot bunga kecil atau bebatuan karena ikan ini sangat teritorial. Substrat yang paling baik untuk ikan ini adalah pasir. Gerakan air juga dibuat minimum karena ikan ini menyukai kondisi air yang tenang.
  • Pakan 
Bumbleebee goby biasanya menolak diberi pakan kering, sehingga pakan paling baik untuk ikan ini adalah pakan hidup seperti bloodworm, daphnia, atau brine shrimp.
  • Kondisi air
temperatur air: 24° - 30° C
pH: 7,5 hingga 8,5
  • Kompabilitas
Walaupun ikan ini berperangai pendamai namun ikan ini adalah ikan yang teritorial. Lebih baik dipelihara secara berkelompok.Ikan ini bisa juga dipelihara bersama ikan air payau lainnya yang kecil serta pendamai seperti halfbeaks, glassfish, molly, atau spesies goby lainnya, namun lebih baik ikan ini dipelihara dalam akuarium spesies secara berkelompok. Minimal terdapat 6 ekor goby dalam satu akuarium spesies. Bila menempatkannya dalam akuarium komunitas jangan memeliharannya bersama ikan yang berukuran jauh lebih besar atau lebih agresif  agar goby ini tidak menjadi mangsa bagi ikan tersebut. 

  • Info
Tubuhnya berbentuk memanjang dengan warna kuning dan hitam yang berselang-seling sehingga ikan ini dinamai "bumblebee" atau ikan tawon.Ikan ini biasanya berenang secara perlahan di dasar akuarium. Sebenarnya terdapat sembilan spesies dalam genus Brachygobius yang telah ditemukan. Beberapa diantaranya sering diimpor sebagai ikan hias dan dijual dengan nama "Bumblebee goby". Spesies B.xanthozona adalah yang paling terkenal, jenis ini dapat dikenali secara cermat dengan cara menghitung tulang sirip anal. Tulang sirip anal pada jenis ini berjumlah delapan. Namun sayangnya, biasanya ikan-ikan dalam genus Brachygobius ini dijual dengan nama yang sama sehingga kita tidak dapat mengetahui secara persis termasuk jenis apa ikan tersebut. Ikan ini dijual dengan harga sekitar Rp. 5000,-.
Artikel Terkait :

0 komentar: