Saturday, March 8, 2014

Mengenal Datnoid alias tiger fish

Tigerfish aka Datnoid aka Datz


Tigerfish adalah ikan yang berasal dari, aliran sungai dan anak sungai tropis di Indonesia dan Thailand. Tigerfish sangat populer di kalangan penghobi akuarium karena warnanya yang seperti harimau dan tipe tubuh yang unik.  Tigerfish sangat agresif terhadap spesies ikan kecil dan kadang bertengkar dengan Datz lainnya.

Tigerfish memiliki tubuh tinggi dengan dahi miring tajam. Berwarna emas dan ditutupi dengan bar vertikal hitam yang memanjang di seluruh tubuh. Tergantung pada lokasi geografis, mereka dapat memiliki antara 5 dan 7 bar. Tigerfish dapat tumbuh hingga 18 inci di alam liar, tetapi mereka jarang mencapai ukuran ini di akuarium rumah. Dalam lingkungan captive mereka biasanya hanya akan mencapai antara 10 sampai 14 inci. Mereka bisa hidup hingga 15 tahun jika dirawat dengan baik dan ditempatkan di sebuah akuarium besar.

Seperti kebanyakan spesies ikan besar, ukuran akuarium sangat penting untuk memelihara Tigerfish di akuarium. Tigerfish membutuhkan kualitas air yang sangat baik untuk menjaga kesehatannya. Para kolektor harus menggunakan penyaringan tabung besar bersama dengan aliran air internal tambahan yang disediakan oleh powerheads dalam rangka menciptakan tingkat tinggi oksigen terlarut dalam akuarium yang efisien.



Sebagai datnoids adalah ikan teritorial, perkelahian antara individu sejenis yang tidak dapat dihindari. Dari pengalaman saya, lebih baik tidak menyimpan hanya 1 pasang Tigerfish yang sama dalam tangki. Jika ingin memelihara Tigerfish lebih dari satu maka minimal harus ada 3 atau lebih Tigerfish dalam satu aquarium.
Artikel Terkait :

0 komentar: