Saturday, March 8, 2014

Memelihara Hoplias

Ikan Serigala adalah ikan dari keluarga Charachin yang paling kuat dan paling hebat. Ikan Serigala termasuk ikan purba. Sebutan lain dari ikan ini adalah Piranha Eater karena ikan ini mampu memangsa Piranha. Nama ilmiah Ikan Serigala adalah Hoplias.
Ikan Seriala termasuk dalam keluarga Charachin. Bentuk tubuh Ikan Serigala betina jauh lebih membulat dan lebih besar dari yang jantan.

Hoplias Aimara.

Hoplias Aimara.
Diantara semua jenis Ikan Sergala, Aimara adalah yang paling besar serta paling galak. Pernah saya menonton salah satu video di Youtube dimana ukuran Aimara sama besarnya dengan Arapaima.

Bentuk tubuh Aimara agak ramping dan memiliki sirip yang agak panjang, hal ini karena Aimara adalah jenis Ikan Serigala yang memiliki sifat yang aktif memburu mangsanya.

Kemungkinan, Aimara juga mampu memangsa Bebek ataupun menyerang Manusia. Hoplias Aimara memiliki beberapa macam warna, seperti merah, biru, bahkan ungu. Perbedaan warna ini disebabkan oleh keadaan iklim yang berbeda disetiap habitat yang dihuninya. Konon, Aimara dari Venezuela jauh lebih galak daripada Aimara dari daerah lainnya.

Tentu saja, jika anda ingin memelihara Aimaa dalam community tank maka sebaiknya ukuran tank anda cukup luas. Tankmate untuk Aimara paling tidak adalah ikan raksasa seperti Arapaima, Hydrocynus Goliath, Red Tail Catfish, Piraiba, Pangasianodon Gigas atau ikan ikan berukuran lebih dari 1 meter. Polypterus sebagai tankmate Aimara juga terbukti cocok

Hoplias Malabaricus.
Hoplias Malabaricus atau Traira adalah jenis Ikan Serigala yang paling umum ditemui. Salah satu teman saya memiliki Malabaricus betina yang memiliki ukuran 60 cm. Bentuk kepala Malabaricus agak lebih pendek dan bulat daripada Aimara. Namun Traira juga sangat ganas. Kadang-kadang Traira dapat ditangkap dengan cara memancing.
Sejauh yang saya tahu, ada 2 macam Malabaricus yaitu Malabaricus Iriri dan Malabaricus biasa.
Malabaricus Iriri contohnya yang ada dalam foto ini, warnanya agak lebih putih dari Malabaricus biasa yang biasanyaberwrna coklat gelap.

Traira adalah jenis Ikan Serigala yang paling mudah ditemui di toko ikan hias. Namun sayangnya, corak Traira tidak sebagus Aimara. Keganasan Traira juga tidak seganas Aimara, Traira masih bisa dipelihara dengan ikan lain yang ukurannya sama dengannya. Namun anda harus tetap waspada dengan sifatnya yang territorial.

Hoplias Curupira.
Diantara semua Hoplias, mungkin Hoplias Curupira memiliki warna yang paling bagus. Warna tubuhnya coklat gelap dan kehitaman, bentuk kepalanya bulat dan lebar, serta ukuran tubuhnya hanya mampu tumbuh hingga 50 Cm.

0 komentar: