Wednesday, March 19, 2014

Mau Memancing Ikan Kuwe? Kenali Dulu Karakteristiknya

Bagi anda yang hobi memancing, Ikan Kuwe mungkin adalah salah satu target memancing anda, namun sebelum anda memancing ikan kuwe, kenali dulu karakteristik dari ikan kuwe.
Ikan kuwe (trevally), seperti jenis kuwe panjo (golden trevally), kuwe mata besar (bigeye trevally), brassy trevally, hidupnya selalu berkelompok di sekitar karang yang luas. Bagaikan pasukan yang berbaris, ikan golden trevally atau ikan kuwe yang kami tersebut diatas, akan berburu makanan di sekitar karang secara beramai-ramai.
Berbeda dengan saudaranya giant trevally yang lebih memilih lokasi di batu karang lebih aman mempertahankan hidupnya. Meski ikan golden trevally tidak hidup dekat batu karang yang dangkal layaknya giant trevally namun ikan ini tidak mudah di temukan oleh nelayan atau pancinger, kecuali pancinger yang kreatif. Nah berikut ini kami sampaikan bagaimana kreatifitas dari anda atau pemandu mancing memburu ikan kuwe jenis golden, big eye dan brassy trevally.
Sebelum anda berangkat memancing ikan ini, sebaiknya anda mengetahui lokasi ikan ini berada di lautan dan kebiasaanya mencari makan. Ikan kuwe sejenis golden trevally memiliki karakter mencari makanan di sekitar karang luas dan wall (dinding laut). lkan ini paling senang bergerombol (schooling fish) mengeliling karang demi karang. Ikan-ikan kecil yang berada di sekitar karang akan menjadi makanan ikan ini.
Berbeda dengan jenis snapper (kakap) yang memang hidup di karang, ikan kuwe lebih lincah dan lebih banyak moving secara jauh. Cara moving secara jauh ini merupakan upaya untuk mendapatkan makanan atau ikan kecil yang juga sedang berkerumun. Nah untuk menemukan ini, para pemancing kreatif harus menemukan karang baik dangkal atau karang luas di dasar lautan dengan jarak kedalaman antara 60 m sampai 100 m.
Untuk bisa mengetahui di dasar laut terdapat karang bisa dilakukan dengan perangkat elektronik seperti fish finder. Dalam layar monitor fish finder adanya karang ditunjukkan dengan adanya tonjolan dan warna merah pekat. Nah anda bisa memancing di sana yang kemungkinan besar juga terdapat ikan dasar lainnya. Setelah menemukan rumahnya simpan koordinat dalam GPS untuk memudahkan anda suatu saat mancing kembali ke lokasi tersebut.

0 komentar: