Tuesday, March 18, 2014

Manfaat Kembung Perempuan


Tangkapan komersial ikan kembung perempuan sedunia, tahun 1950-2009 (dalam ton)
 
Kembung (Rastrelliger spp.) merupakan ikan tangkapan yang penting di kawasan Indo-Pasifik Barat. Statistik Perikanan FAO antara tahun 1990-1995 merekam angka tangkapan tahunan antara 193.932 hingga 259.748 ton di wilayah Pasifik Tengah bagian barat. Di antaranya, tangkapan R. brachysoma sendiri berkisar antara 23.031 hingga 28.297 ton, namun umumnya data ikan ini tergabung dalam catatan tangkapan Rastrelliger spp., atau digabungkan dengan data tangkapan kembung lelaki R. kanagurta. Sebagaimana ikan kembung umumnya, kembung perempuan dijual segar di pasar atau setelah diolah terlebih dulu; kebanyakan dalam rupa “ikan cue” (ikan pindang). Ikan ini lalu diolah menjadi berbagai macam masakan: digoreng, dipepes, dimasak bumbu bali, dan juga dibakar.

Pla thu, dihidangkan bersama sejenis salad
Di Thailand, pla thu (bahasa Thai: ปลาทู) merupakan ikan yang populer, digoreng dan dinikmati dengan beberapa macam hidangan yang lain.








Nama kembung perempuan dan kembung lelaki di sini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin. Nama-nama itu adalah sekedar nama lokal (vernacular name), dan tiap-tiap jenis itu terdiri dari ikan-ikan jantan dan betina di populasinya masing-masing


0 komentar: