Saturday, March 8, 2014

Manfaat Ikan Gurami

Ikan gurami terutama digemari sebagai ikan konsumsi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini berharga cukup mahal.
Gurami juga disukai sebagai ikan hias akuarium.
Ikan Gurame merupakan ikan asli perairan Indonesia yang telah menyebar di sekitar Asia Tenggara dan Cina (Chakroff 1976). Oleh karena itu, Ikan Gurame memiliki sebutan yang beragam, khusus di Indonesia, sebutan Ikan Gurame sesuai dengan bahasa daerah setempat. Orang jawa menyebut ikan ini Gurameh, orang Sunda dan Betawi mengenalnya dengan sebutan Gurame, orang sumatera memanggilnya kalau, kala, atau kaloi, di Kalimantan ikan ini dipanggil dengan sebutan yang hampir sama dengan di Sumatera yaitu kala atau kalui, sedangkan dalam bahasa inggris ikan ini dikenal dengan nama gouramy. BANGGA MAKAN IKAN GURAME ! Ikan asli Indonesia !
Ikan Gurame merupakan ikan omnivora. Di habitat aslinya, jenis makanan Gurame adalah fitoplankton, zooplankton, serangga, dan daun tumbuhan lunak. Tumbuhan air merupakan makanan favorit Gurame, seperti kangkung air dan genjer. Selain tumbuhan air, Gurame juga menyukai tumbuhan darat seperti daun talas atau sente, daun papaya, daun singkong, dan kangkung.
Oleh karena itu, Ikan Gurame memiliki kadar protein yang sangat tinggi dan kandungan lemak yang rendah dengan kisaran 19% protein dan hanya 2,2% kandungan lemak alam daging Gurame dan sementara sekitar 70% sisanya terdiri dari vitamin, serat, dan air.
Protein yang memiliki fungsi utama sebagai pembentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yg ada sangat baik untuk :
  1. Membantu pertumbuhan anak balita.
  2. Mencegah penyakit degenerative seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kanker.
  3. Membantu pencegahan penyakit kwashiorkor yang rentan terkena pada balita umur 1-3 tahun.
  4. Mencegah kelainan kulit atau kulit kasar.















0 komentar: