Thursday, March 6, 2014

Macan Tutul Dahan


Neofelis diardi

Deskripsi : Macan dahan dewasa memiliki berat tubuh 12-25 kg, dengan panjang sekitar 123-200 cm. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan corak seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Bintik hitam di kepalanya berukuran lebih kecil dan terdapat totol putih di belakang telinga. Macan dahan mempunyai kaki pendek dengan telapak kaki besar serta ekor panjang dengan garis dan bintik hitam.

Perilaku : Pada umumnya hewan ini hidup soliter dan aktif saat malam hari (nocturnal). Macan dahan memiliki kemampuan yang baik untuk memanjat dan melompat diantara pepohonan. Hewan ini banyak menmput, hutan bakau, hutan terbuka, dan hutan tropis kering. Tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Reproduksi : Lamanya waktu antar musim kawin yaitu 10-16 bulan. Musim kawin terjadi antara bulan Desember-Maret, dengan usia produktif untuk kawin yaitu 20-30 tahun. Masa gestasi (kehamilan) berlangsung selama 85-109 hari, dan dapat melahirkan 1-5 ekor (yang sering terjadi hanya melahirkan 2 ekor anak). Bayi-bayi macan dahan akan disusui selama 10-12 bulan setelah itu akan disapih. Setelah disapih, macan dahan muda akan mulai hidup terpisah.

Pakan : Macan Dahan memakan berbagai jenis mamalia yang berukuran kecil hingga sedang, seperti monyet, bekantan, napu, kijang, rusa, selain itu mereka juga memakan berbagai jenis reptil, dan burung.


Habitat : Macan dahan hidup di hutan tropis, hingga elevasi mencapai 3.000 m dpl. Mereka memiliki kemampuan yang baik dalam memanjat pohon. Pohon digunakan sebagai tempat untuk tidur dan terkadang juga sebagai tempat berburu. Akhir-akhir ini habitat macan dahan mulai tersebar luas di hutan sekunder, padang rumput, hutan bakau, hutan terbuka, dan hutan tropis kering. Tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan.




Artikel Terkait :

0 komentar: