Tuesday, March 18, 2014

Kembung Perempuan (Rastrelliger brachysoma)

Kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma)
adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Terutama menyebar di laut-laut dangkal di kawasan Asia Tenggara dan Melanesia, kembung merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan di wilayah sebarannya. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dikenal sebagai short mackerel atau shortbodied mackerel.
Ikan yang bertubuh kecil hingga sedang; bentuk jorong memanjang dengan moncong runcing; panjang tubuh FL (fork length) maksimal 34,5 cm, namun umumnya antara 15-20 cm. Dibandingkan dengan jenis kembung yang lain, badannya tergolong tinggi; tingginya pada batas belakang tutup insang (operkulum) 3,7-4,3 kalinya sebanding dengan FL. Panjang kepala kurang lebih sebanding atau lebih kecil daripada tinggi di batas operkulum itu.
Rahang atas tertutupi oleh tulang lakrimal, namun memanjang hingga hampir di ujung tulang lakrimal itu. Sisir saring insang sangat panjang, tampak keluar bila mulutnya dibuka; 30-48 buah pada lengan bawah lengkung insang yang pertama. Ususnya sangat panjang, 3,2-3,6 kali panjang tubuh FL.
Mata besar dan moncong meruncing
Punggung hijau gelap kebiruan, dengan dua deret bintik kecil berwarna gelap di sebelah tertancapnya sirip-sirip dorsal. Sisi tubuh dan perut keperakan, terkadang dengan beberapa garis tipis mendatar. Sirip punggung depan kekuningan dengan tepi hitam; sirip dada dan sirip perut kelabu; sirip-sirip selebihnya kekuningan.
Kembung perempuan
Kembung, Rastrelliger brachysomadari Jakarta
Kembung, Rastrelliger brachysoma
dari Jakarta
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Actinopterygii
Ordo:Perciformes
Famili:Scombridae
Bangsa:Scombrini
Genus:Rastrelliger
Spesies:R. brachysoma
Nama binomial
Rastrelliger brachysoma
(Bleeker, 1851)
Sinonim
Scomber brachysoma Bleeker, 1851
Scomber neglectus Kampen, 1907
Rastrelliger brachysoma Jordan & Dickerson, 1908
Rastrelliger neglectus Beaufort, 1951.

0 komentar: