Tuesday, March 25, 2014

Kandungan Gizi ikan Sarden

Dikatakan sebelumnya bahwa sarden merupakan sebutan untuk ikan-ikan kecil di lautan. Ukuran mereka memang kecil, namun bukan berarti memiliki kandungan gizi yang kecil, mereka adalah sumber gizi yang sangat tinggi. Dengan fisikya yang kecil menambah cita rasanya dan juga alasan dari semua kandungan gizi yang ada di dagingnya.
Anda mungkin pernah mendengar tentang asam lemak omega 3 yang begitu dahsayat dalm ememrangi penyakit-penyakit kardiovaskuler, meningkatkan kecerdasan anak, dan beberpa fungsi hebat lainnya. Ikan sarden segar merupakan salah satu sumber terbaik dari zat gizi ini. Belum selesai sampai disini, satu ekor ikan sarden akan membawakan Anda seperangkat zat gizi yang akan mendukung sistem metabolisme tubuh Anda menjadi lebih baik.
Hadir dengan kalsium untuk tulang. Mereka menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh dengan usia maupun gaya hidup yang kurang baik. Lalu fosfor yang akan mendukung pekerjaan kalsium dan juga menata pembangunan syaraf yang baik di sekujur tubuh Anda.
Protein, adalah zat gizi essensial yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membangun sel-sel yang rusak. Ikan sarden memilikinya dalam bentuk dan jumlah yang cukup besar untuk diserap tubuh manusia.
Kelengkapan vitamin yang ditawarkan seekor ikan sarden adalah vitamin D, E, Dan vitamin B12. Vitamin D adalah vitamin yang membantu tubuh dalam mengikat kalsium untuk tulang dan gigi sedangkan vitamin E adalah yang terbaik melawan radikal bebas untuk mencegah penuaan dini baik pada kulit dan jaringan lain.
Vitamin B12 berfungsi penting pada sistem kekebalan tubuh dan sistem syaraf pusat. Yang tertinggi dari ikan sarden adalah kandungan Niacin, ini lah nama lain dari vitamin B12 yang akan membantu Anda tetap bugar dan tidak mudah merasa lelah atau letih.
Anda bisa mendapatkan semua nilai gizi tersebut baik dnegan mengkonsumsi sarden dalam bentuk segar maupun sebagai ikan kalengan. Untuk ikan segar, pengolahan harus benar agar beberapa nilai gizi tidak hilang begitu saja dalam pengolahan. Sedangkan untuk ikan kaleng, Anda akan membutuhkan satu kaleng per hari untuk memenuhi semua manfaat kesehatan dari kandungan gizi sarden tersebut.

0 komentar: