Wednesday, March 19, 2014

Jenis Piranha yang cocok untuk dipelihara

Ikan piranha sebenarnya ikan yang mudah takut dan stress apabila dipelihara di aquarium. Mungkin beberapa dari genus serrasalmus, seperti serrasalmus rhombeus spesimen dewasa. Menurut Hobbyist mempunyai temperamen yang berani dan akan menggigit apa saja yang masuk ke dalam aquarium, termasuk jari tangan si Hobbyist. Tapi  itu lebih karena didorong oleh insting teritorialnya. Jadi harus ber hati-hati kalau hendak melakukan sesuatu pada bagian dalam aquarium.

Piranha jenis red bellied nattereri (Pygocentrus Nattereri) adalah yang umum dipelihara orang. Jenis ini banyak tersedia karena mudah di kembang-biakan. Nattereri biasa hidup berkelompok dan akan menjadi mudah stress atau takut kalau dipelihara hanya single saja di dalam aquarium. Dengan itu sebaiknya memelihara jenis ini lebih dari satu ekor untuk menghindari ikan stress.

 


Red Belly Nattereri  ( Pygocentrus Nattereri)




  











Caribe (Pygocentrus Caribe) piranhawarehouse.co.uk



.












Piraya (Pygocentrus Piraya) piranhawarehouse.co.uk















Kalau genus pygocentrus piranha biasanya bergerombol di habitat liarnya, lain lagi dengan genus serrasalmus piranha. Dimana genus ini lebih pada hidup secara soliter. Makanannya tetap sama dengan genus pygocentrus piranha. Kadang genus serrasalmus ikut pula berburu bersama mencari mangsa dalam kelompok genus pygocentrus piranha.

Karena sifatnya yang agresif  ke sesama piranha, maka genus serrasalmus tidak bisa dipelihara lebih dari satu ekor atau berkelompok didalam aquarium. Sifatnya yang agresif dan teritorial akan menimbulkan perkelahian satu sama lain yang diakhiri salah satu ikan mengalami luka berat ataupun kematian

Di genus serrasalmus, menurut ahli, bahwa serrasalmus rhombeus atau black piranha mempunyai kekuatan rahang (bite force) yang sangat besar berbanding dengan rasio berat tubuhnya. Di simpulkan piranha rhombeus dapat memutuskan lengan orang dalam beberapa kali gigitan. Rhombeus atau black piranha atau blue diamond rhombeus adalah salah satu dari piranha yang ukurannya besar di genus serrasalmus.


Serrasalmus Rhombeus - www.aquariumdomain.com


















Genus Pygocentrus :

Pygocentrus Piraya habitat sungai Sao Fransisco Amazon Brazil. Dijuluki sebagai " King of Pygo" .Di habitat aslinya panjang ikan bisa mencapai 50cm dan hidup secara berkelompok. Mempunyai corak menarik warna kuning atau orange dibagian perutnya. Kadang membentuk lidah api berwarna kuning atau orange. Memerlukan aquarium berukuran besar kalau ingin dipelihara lebih dari satu ekor. 3 ekor Piraya ukuran 30-35cm akan merasa nyaman di aquarium ukuran 1200 liter. Karena ukurannya yang besar, perlu penanganan yang sangat hati-hati jika mau memindahkan. Kalau sampai tergigit, maka dapat menyebabkan luka yang sangat serius. Piraya termasuk jarang tersedia di pasaran, maka harganya bisa dipatok cukup mahal. Piranha ini di alam liarnya juga dianggap berbahaya bagi manusia pada situasi tertentu.

Pygocentrus Caribe Habitat di seluruh sungai Orinoco. Panjang 38cm. Di alam aslinya ikan ini berkelompok dalam jumlah besar dan menjadi berbahaya bagi hewan ataupun manusia apabila berenang ditempat-tempat dimana caribe biasa memburu mangsanya. 
Tepi danau yang terdapat sarang burung, biasanya tempat ini caribe berkumpul menunggu anak-anak burung terjatuh. Untuk itu tidak disarankan manusia masuk ke air, karena caribe akan mengira itu adalah makanannya.
Caribe di aquarium lebih agresif dibandingkan dengan nattereri. Karena sifatnya yang suka berkelompok di alam liar. Piranha ini baik dipelihara lebih dari satu ekor. Aquarium ukuran 360 liter bisa menampung 3 ekor caribe dewasa ukuran 20-25cm.

Pygocentrus Nattereri  Habitat  sungai Amazon, sungai Parana Paraguay, Argentina, BolIvia. Panjang 33cm. Nattereri adalah piranha yang paling banyak dipelihara oleh para Hobbyist di seluruh dunia. Karena kemudahan untuk mendapatkannya. Jenis ini bisa dikembang-biakkan di kolam dan juga di aquarium. Piranha nattereri biasa hidup berkelompok dengan itu untuk supaya tidak mudah takut atau stres, minimal 3 atau 6 ekor dipelihara di satu aquarium. Bila sudah merasa nyaman dan tidak stres, nattereri yang  berkelompok di aquarium menjadi agresif  kalau diberikan umpan ikan mati ataupun yang hidup.




Genus Serrasalmus :

Serrasalmus Rhombeus aka Black Piranha, Diamond rhombeus. Habitat  
sungai Amazonas, Orinoco, North and Eastern Guiana. Panjang 41cm. Piranha Rhombeus ini berburu secara soliter. Sifatnya sangat agresif dan teritorial, terutama yang specimen besar. Tidak dianjurkan untuk disatukan dengan piranha lainnya di dalam satu aquarium. Rhombeus dilaporkan juga pernah menggigit manusia, walaupun tidak mengakibatkan kematian. Tetapi karena rahangnya sangat kuat, gigitannya membuat luka yang sangat serius ataupun sampai di amputasi.
Untuk supaya nyaman dan tidak stres, rhombeus dewasa perlu aquarium ukuran minimal sekitar 160 liter.  

Serrasalmus Rhombeus -piranhalar.com
















Serrasalmus Manueli aka Green Tiger Piranha. Habitat sungai Llanos Venezuela, Rio Amazonas, Rio Negro.Panjang max 60cm di habitat aslinya. Manueli adalah piranha yang terbesar di genus serrasalmus dan cukup langka untuk diperoleh oleh hobbyist. Karena warnanya sangat bagus dan jarang tersedia, maka harganya bisa tinggi.
Piranha ini memerlukan kondisi air yang prima juga ukuran aquarium yang luas agar ikan ini selalu dalam keadaan sehat dan merasa nyaman.
Serrasalmus Manueli - Wikipedia
















Serrasalmus Irritans  Habitat sungai Orinoco Venezuela. Panjang 14cm.
Irritans termasuk genus Serrasalmus dengan size yang tidak besar. Karena karakternya yang sangat agresif dan teritorial, maka ikan ini tidak dapat disatukan dengan piranha lain di dalam aquarium.

Serrasalmus Irritans























Serrasalmus Elongatus  Habitat sungai Amazon dan Orinoco Venezuela. Panjang 30cm.
Elongatus mempunyai ciri bentuk badannya yang memanjang, dengan itu membuat ikan ini mampu berenang cepat di sungai berarus deras dan menyergap ikan yang menjadi mangsanya.
Piranha ini juga tidak bisa disatukan dengan piranha lain didalam aquarium,mengingat sifatnya yang agresif dan teritorial.

Serrasalmus Elongatus - piranhawarehouse.co.uk

















Serrasalmus Brandtii  aka White Piranha, Gold Piranha. Habitat sungai Sao Fransisco. Panjang 25cm. Seperti genus serrasalmus pada umumnya yang agresif dan teritorial ke ikan piranha lain. Maka ikan ini lebih bagus dipelihara secara soliter di dalam aquarium.

Serrasalmus Brandtii -www.akvaryum.com

















Piranha yang dipelihara

Hampir semua jenis piranha genus pygocentrus dan serrasalmus, didapat atau ditangkap dari alam liar. Kecuali jenis pygocentrus nattereri yang sudah terbukti cukup mudah dikembang-biakkan dalam kolam ataupun aquarium.

Tapi ada juga beberapa Publik Aquarium yang koleksi piranhanya berhasil menetaskan anak-anak ikan piranha dari genus serrasalmus.

Di Jakarta relatif mudah membeli ikan-ikan piranha jenis pygocentrus nattereri aka red bellied piranha. Saya sendiri membeli beberapa ekor nattereri dengan harga murah,yaitu Rp.7000 sampai Rp.15,000. Itu tergantung dari ukuran. Nattereri ini adalah hasil ternak dari hobbyist lokal yang mengembang biakkannya.

Selain nattereri, jenis lainnya seperti rhombeus, spilopleura, elongatus, piraya dan caribe, untuk membelinya agak sulit. Karena tidak banyak importir ikan yang menjual ikan-ikan piranha tersebut. Juga harganya relatif mahal. sekitar 1 sampai 10 juta. Tergantung jenis maupun ukurannya.

0 komentar: