Saturday, March 8, 2014

Jenis-jenis Datnoid

Datnioides Pulcher.

Jenis yang termahal adalah Datnioides Pulcher dari Siam. Harga Datnioides Pulcher menjadi sangat mahal karena populasinya sudah terancam punah akibat over fishing, perdagangan & rusaknya habitat. Kadang - kadang ditemukan spesimen Indo Datz yang memiliki corak loreng-loreng  mirip Pulcher.... hanya saja kualitas warnanya jauh lebih rendah dari Pulcher.
Di pasaran ikan hias internasional, Datnioides Pulcher harganya jauh lebih mahal daripada jenis Datnioides lain. Hal ini mungkin karena disebabkan oleh kelangkaan jumlahnya dan keindahan warnanya. hal ini mengakibatkan harga Datnioides Pulcher sangat mahal.
Datnioides Pulcher.

Datnioides Undecimradiatus.

Datnioides Undecimradiatus atau Golden Datz adalah yang memiliki warna paling cantik. Warnanya tubuhnya keemasan dan corak garis di tubuhnya lebih tipis daripada jenis Tiger Datz yang lain, karena itulah sering disebut Thin Bar Datz. Kualitas warna Datz ini sama baiknya dengan Pulcher, yang membedakan hanyalah bar pada Datnioides Undecimradiatus lebih tipis.
Datnioides Undecimradiatus

Datnioides Campbelli.

Papua Datz (Datnioides Campbelli) adalah jenis Datz yang mulai terkenal. Ikan ini berasal dari pulau Papua. Meski corak loreng-lorengnya terlihat kotor, namun warna kuning tubuhnya sangat terlihat cantik. Bahkan menurut sebagian kolektor yang memeliharanya, Papua Datz lebih memiliki warna yang lebih baik daripada Indo Datz. Karena bentuk corak dan keunikannya, maka Papua Datz dianggap sebagai Datnioides yang paling unik.
Datnioides Campbelli.

Datnioides Microlepis.

Indo Datz (Datnioides Microlepis) adalah jenis Datz yang paling umum dijumpai, bentuk dan warnanya hampir mirip dengan Pulcher namun warnanya tidak sebaik Pulcher. Jumlah garis pada Indo datz lebih banyak daripada Pulcher.
Datnioides Microlepis
Indo Datz yang berasal dari Kalimantan memiliki warna yang oranye. Sementara itu Indo Datz yang berasal dari Sumatera berwarna kuning. Kadang-kadang ditemukan spesimen Indo Datz yang memiliki corak sangat mirip dengan Pulcher. Saya memiliki specimen Indo Datz yang memiliki corak garis & kualitas warna hampir mirip dengan Pulcher.
Artikel Terkait :

0 komentar: