Saturday, March 8, 2014

Jenis-jenis air untuk Ikan Guppy

1. Air tanah
Ada bbrp pemain guppy bahkan breeder besar di sby yg menggunakan air tanah, dan langsung tanpa perlu diendapin terlebih dahulu dengan catatan airnya tidak berwarna dan tidak berbau. Dan hasilnya guppynya baik-baik aja, alasannya karena tidak mengandung kaporit jd bisa langsung digunakan tidak seperti air PAM. Tentu hal ini sangat menekan biaya operasional karena gratis hehehehe.
Cat: Harus diperhatikan dahulu bagaimana kondisi air tanah di tmp kita, karena masing-masing daerah tentu mempunyai kondisi yg berbeda pula....
2. Air PAM
Ini yg paling banyak digunakan oleh beberapa pemain guppy,
Karena mengandung kaporit jadi sebelum digunakan sama seperti dew-dew diatas tadi yaitu diendapkan dulu 1-2malam, akan lebih baik lagi klu difilter/disaring pake kapas, arang dsb. Ada juga solusi bagi yg ga mau nunggu 1-2malam bisa menambahkan larutan anti kaporit seperti yg dijual di toko-toko ikan tentunya. Negatifnya cost produksi jd lumayan tinggi, apalagi klu yg akuanya ratusan.
3. Green Water
sangat baik bagi ikan tapi mungkin kurang menyenangkan buat empunya ikan. Karena akan sulit menikmati keindahan guppynya karena butek, klu dipaksain liat nti lama-lama bikin kepala pusing trus mata berkunang-kunang ga jadi piara guppy tp keluar ongkos ke dr.mata.
Pengalaman saya pake green water warna ikan jadi lebih cerah bisa karena faktor sinar matahari itu sendiri atau alga-alga yg terdapat di green water itu sendiri. Dan fisiknya jadi lebih bagus mungkin juga gara-gara makan alga-alga itu ya.....
Cat: Klu menggunakan green water sebaiknya dimulai sejak dini / dari guppy masih kecil jd sudah terbiasa dengan perubahan kondisi yg drastis antara siang dengan malam. KLu ikan yg sdh dewasa terbiasa di akuarium trus iseng2 dipindahin ke green water biasanya ga lama ikannya godeg-godeg .
Artikel Terkait :

0 komentar: