Sunday, March 23, 2014

Hati-hati dengan ikan Lepu!!

Salah satu hewan laut/pantai yang cukup mebahayakan kalo tertusuk durinya selain bulu babi adalah Ikan Lepu, atau biasa disebut juga Ikan Lepo. Sebelomnya sih saya nggak tau tentang ikan ini. Taunya sewaktu main ke pantai, dan ada pengunjung yang nggak sengaja kena bisa-nya pas lagi main air di pantai.

Ngeliat reaksinya bener-bener ngeri. Sama temen-temennya dibawa ke tepi, dibaringin. Badannya sampe kejang. Sakitnya sepertinya luar biasa. Sampe jerit nggak keruan. Waktu itu temen-temennya pada bingung mo ngambil tindakan apa. Sampe akhirnya dibawa ke rumah sakit sepertinya.

Ikan Lepo ini ada macem-macem jenisnya. Tapi yang biasanya nggak sengaja keinjek atau tersentuh manusia itu itu jenis ikan Lepo Batu atau Ikan Batu. Dinamakan Ikan Batu karena penampakkannya emang mirip batu. Jadi kalo nih ikan lagi ada diantara batu-batu, suka nggak dikenali.


Ikan Lepu Batu:

Ikan Lepu Batu.jpg

ikan-lepu.jpg


Ikan Lepu jenis lain yang berbahaya juga:

ikan lepu2.jpg



Ikan Lepo ini sering ada di terumbu karang. Tempat hidupnya biasanya di perairan dengan banyak batu karang dan berpasir. Dia bisa berdiam diantara batu atau di atas pasir. Ikan ini memiliki bisa yang berbahaya, bahkan dikatakan sebagai salah satu ikan dengan racun paling berbahaya di lautan. Kalau nggak diambil tindakan cepat, orang yang terkena racun Ikan Lepo bisa meninggal dalam kurun waktu 2 jam.

Yang menyulitkan untuk menghindari ikan lepo sewaktu kita main di pantai atau menyelam, karena prilaku ikan ini agak sedikit berbeda. Kalo ada benda besar yang mendekatinya atau mau menimpanya, ikan ini biasanya tetap diam. Yang dilakukannya sebagai bentuk perlindungan diri adalah menegakkan duri-durinya. Jadi kalo ada orang yang menjejakkan kakinya di dasar air atau di bebatuan di mana ikan ini berada, kemungkinan besar ya tertusuk durinya. Nah duri ikan inilah yang berbisa.

Awalnya sebatas rasa sakit atau rasa terbakar, namun lama kelamaan intensitas sakitnya makin meningkat. Tindakan untuk orang-orang yang tertusuk duri Ikan Lepo sebaiknya segera di bawa ke darat, dan selanjutnya dikompres dengan air hangat bagian yang tertusuk. Ini cuma pertolongan pertama. Sebaiknya secepatnya dibawa ke rumah sakit. Biasanya nanti dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan racunnya. Sakitnya bisa bertahan sampe seminggu setelah racun dikeluarkan, bisa diatasi dengan obat penahan sakit dari dokter.

Kalo intensitas racunnya banyak, bisa terjadi kerusakan saraf di bagian yang kena racun.


Yah, sekian informasinya.. Monggoh kalo ada yang mo nambahin

Having fun, tapi tetep hati-hati yaaaa :)

0 komentar: