Thursday, March 6, 2014

Harimau Putih


Panthera tigris tigris

Klasifikasi : Bangsa Carnivora, Suku Felidae

Deskripsi : Harimau putih ini tubuhnya ditutupi oleh rambut yang sangat tebal, dengan loreng berwarna hitam. Harimau jantan dewasa memiliki panjang tubuh mencapai 270 cm, dan berat badan mencapai 221 kg.Sedangkan betina dewasa memiliki panjang tubuh mencapai 240 cm, dan beratnya mencapai 140 kg. Harimau putih ini merupakan jenis harimau benggala yang membawa gen resesif. 


Perilaku : Harimau merupakan jenis hewan yang hidup soliter pengecualian pada saat berburu atau saat induk betina harimau sedang merawat anaknya. Di alam liar terjadi beberapa kali adaptasi aktifitas harimau.Terkadang harimau aktif pada malam hari (nocturnal), terkadang pada siang hari (diurnal).Tetapi pada dasarnya hewan ini merupakan jenis hewan nocturnal.Harimau ini menunjukkan keberadaannya dan daerah teritorinya dengan tanda-tanda sekunder.Tanda-tanda tersebut berupa garukan pada batang pohon dan tanah, urin pada batang atau bawah dan atas permukaan daun, cakaran pada batang pohon dan tanah, serta kotoran.

Reproduksi : Harimau jantan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan betinanya. Rambut pada bagian wajah lebih tebal dan panjang pada harimau jantan.Hewan ini dapat kawin dengan lebih dari satu pasangan (poligami).Musim kawin tidak dapat ditentukan. Harimau jantan mencapai kematangan secara seksual pada umur 4-5 tahun, sedangkan betina pada umur 3-4 tahun. Jumlah anakan dalam sekali melahirkan 2-4 anakan, pada umumnya berjumlah 3, dengan berat 780-1.600 g. Masa kehamilan berlangsung selama 104-106 hari.


Pakan : Hewan ini memakan 18-20 kg daging dalam satu waktu yang dapat bertahan hingga 2-3 hari. makanan utamanya adalah hewan dari jenis ungulata, dan terkadang mereka memakan babi hutan, serta mammalia kecil lainnya.


Habitat : Hewan ini dapat hidup diberbagai jenis habitat dari hutan dataran rendah sampai hutan dataran tinggi hingga ketinggian mencapai 2000 mdpl. Tersebar di kawasan hutan hujan dan padang rumput Bangladesh, Bhutan, Republik Rakyat China, India, dan Nepal.



Artikel Terkait :

0 komentar: