Saturday, March 8, 2014

4 Lapisan Warna Cupang Part II

4 Lapisan Warna Cupang Part II

Lapisan warna ke-3 pada cupang

Black Melano

Pada pembahasan sebelumnya sudah kita bahas lapisan warna pertama yaitu kuning dan lapisan warna kedua yaitu merah dan selanjutnya pada bagian ini akan kita bahas lapisan warna ketiga yaitu warna hitam atau yg kita kenal dgn black melano.
Salah satu warna cupang favorit dan unik yg sangat saya sukai adalah warna black melano. Mutasi gen yg membuat pigment warna hitam meningkat tajam dan menyelimuti seluruh badan ikan yg seharusnya biru.
Gen mutasi adalah recessive terhadap gen hitam normal. Ini berarti ketika kita menternakkan warna black melano dgn warna dasar gelap lain non-melano akan menghasilkan anakan bermacam-macam warna dan tanpa satupun kita dapatkan warna melano. Anakan dengan berbagai macam warna ini adalah yg membawa gen black melano dan disebut juga ‘Melano-Geno’ walaupun mereka tidak berwarna hitam.
Jadi jgn putus asa dulu ketika kita mulai mencoba beternak melano ternyata hasilnya tidak ada satupun yg jadi melano. Beberapa teman malah ada yg membuang seluruh anakannya ketika mendapatkan hasil tanpa melano, padahal dari sinilah cikal-bakal kita membuat ‘bloodline’ melano kita sendiri.

Skema persilangan Melano:

Black Melano vs Non-Melano = 100% Melano geno.
Ketika kita memilih indukan Black Melano dan disilangkan dgn betina warna normal atau non-melano akan menghasilkan 100% melano geno, atau dgn kata lain tidak ada satupun anakannya yg berwarna hitam.

Black Melano vs Melano geno = 50% Black Melano dan 50% Melano Geno.
Ketika kita memilih indukan Black Melano dan disilangkan dgn anakan warna dasar gelap non-hitam yg membawa gen melano akan menghasilkan setengah Black Melano dan setengah warna dasar gelap non-hitam (melano geno).

Melano geno vs Melano geno = 25% Black Melano, 50% Melano geno dan 25% Non-Melano.
Ketika kita mengawinkan, misalnya pejantan biru vs betina biru yg keduanya memiliki darah melano maka akan dihasilkan sekitar 25% warna melano.

Menurut Jim Sonnier seorang professor pakar genetik dan kebetulan juga hobiis cupang, pada betina black melano tulen, karena warna hitam yg berlebihan maka mengakibatkan rusaknya sistem reproduksinya. Ini menjelaskan mengapa setiap kita ternakkan betina melano hasilnya selalu nihil.

Memperkuat dan memperbanyak warna black melano

Jantan Melano vs Betina warna gelap (Steel Blue/Royal Blue/Turquoise), hasilnya:
100% anakan warna gelap jantan dan betina (tidak ada satupun warna melano).
Maka betina dari hasil ternakan ini yg disebut 'pembawa gen melano' atau 'Melano Genos Female'.

Ambil betina melano geno tsb dan kawinkan lg dgn bapaknya atau cupang warna melano (Jantan Melano vs Betina Melano Genos), hasilnya yaitu:
25% Melano dan 75% warna gelap.

Ambil lg betina warna gelap selain melano dari hasil ternakan tsb dan kawinkan lg dgn jantan melano (Jantan Melano vs Betina Melano Genos (gen melano yg sudah lbh kuat)), hasilnya yaitu:
50% Melano dan 50% warna gelap.

Demikian seterusnya, dan semakin kuat gen melano pada betina maka akan semakin bagus dan banyak warna melano yg kita hasilkan, pengalaman saya beternak melano saya sdh menghasilkan 80% anakan melano dari sekali ternak.

Seleksi Indukan

Untuk menghasilkan warna black melano yg berkualitas diperlukan pengetahuan tentang persyaratan kontes warna melano yg diunggulkan. Pejantan yg bagus adalah pejantan yg memiliki warna melano yg bagus yaitu hitam pekat, irid minimal dan tidak terlalu mengkilat. Pada warna melano terdapat warna irid biru dan irid hijau (note: irid adalah semburat mengkilat pada badan/sirip) dan sebaiknya kita memilih pejantan dgn irid biru krn terlihat lebih samar atau kalau bisa yg hitam pekat.
Memilih indukan betina unggul berperan sangat besar dalam menghasilkan anakan dengan warna melano berkualitas. Indukan betina sebaiknya kita pilih yg berwarna steel blue atau warna diantara warna turquoise dan biru atau biasa kita kenal dgn warna abu-abu yg gelap/pekat. Ini karena dari ketiga warna gelap (royal blue/biru gelap, turquoise/hijau dan steel blue/abu-abu) yg paling minimal iridnya adalah warna steel blue/abu-abu.

Dalam mengembangkan bloodline warna melano memang diperlukan kesabaran dan ketekunan krn diperlukan waktu yg lumayan lama untuk menghasilkan warna melano berkualitas. Seiring dalam pengembangan warna melano apabila hasil anakan warna lain selain melano yg dihasilkan sudah lebih dominan ke warna steel blu/abu-abu maka biasanya warna melano yg kita hasilkan sudah semakin bagus.

Warna melano juga terdiri dari ber-macam2 model warna diantaranya: melano dgn semburat kebiruan, semburat kehijauan, semburat platinum, semburat tembaga/copper.
Pada sirip terkadang kita temukan warna yg menjurus kekuningan, ini disebabkan terkikisnya lapisan warna 3 & 2 sehingga terlihat lapisan warna pertama
Artikel Terkait :

0 komentar: