Tuesday, February 4, 2014

Yorkshire Terrier


Anjing Yorkshire diciptakan pertama kali oleh pekerja di North England, yang membiakkan jenis ras ini untuk menangkap tikus yang memenuhi pabrik pakaian dan pertambangan saat itu. Anjing pemburu ini bisa menerobos masuk ke lubang tikus dan musang. Pada awalnya, anjing Yorkshire berukuran lebih besar dari Yorkshire yang kita lihat saat ini, namun kemudian diproses selektif dengan mengembangbiakan anjing-anjing yang terkecil, menjadikan anjing Yorkshire secara bertahap selama bertahun-tahun menjadi berukuran mini. Anjing Yorkie menjadi anjing fashion. Para wanita membawa anjing kecil ini di tangan atau dalam tas mereka. Pada tahun 1984, lahir anjing Yorkshire terrier piebald atau belang-belang sebagai hasil dari proses genetic resesif dari 2 Yorkshire Terrier. Sekarang ini, anjing Yorkshire piebald ini dianggap sebagai jenis yang berbeda dan dinamakan Biewer Yorkie.



Anjing Yorkshire Terrier atau sebutan lainnya Yorkie memiliki ciri bertubuh kecil (toy sized dog), hidung berwarna hitam, mata berukuran sedang berwarna gelap dan telinga tegak berbentuk V. Ekor biasanya dipotong/docked dengan panjang sedang dan dibuat agak tinggi dari punggungnya (note: Tail docking adalah tindakan ilegal hampir di seluruh Eropa). Bulu panjang berkilau, halus dan terurai lurus kebawah di kedua sisi. Warna bulu terdiri dari steel blue (biru keabu-abuan) dan tan. Seluruh tubuh dan ekor berwarna steel blue dan sisanya berwarna tan. Bulu pada kepala sangat banyak sehingga hampir selalu harus diikat untuk menjaganya agar tidak masuk ke mangkuk makanan saat makan dan memaksimalkan penglihatannya. Beberapa pemilik memilih untuk memotong bulu yang ada di atas kepala.



Anjing Yorkshire tampaknya tidak menyadari ukurannya yang kecil, mereka sangat bersemangat untuk petualangan. Anjing kecil ini sangat energik, berani, setia dan pintar. Dengan pemilik yang tahu bagaimana memperlakukan anjing kecil, anjing Yorkie bisa menjadi teman yang sangat menyenangkan. Jika pemiliknya bukan pack leader yang baik bagi anjingnya, maka anjing Yorshire bisa menjadi anjing yang curiga dengan orang asing dan agresif dengan anjing dan binatang kecil lainnya, bisa menjadi anjing yappy untuk menunjukkan kepada pemiliknya apa yang mereka inginkan, keras kepala, over protektif, cemburu dan masalah perilaku lainnya. Karena itu, pemilik harus tahu bagaimana menjadi pack leader yang baik bagi anjing seperti Yorkshire.



Anjing Yorkshire sangat mudah untuk dilatih meskipun mereka kadang bisa keras kepala jika pemiliknya tidak memberikan batasan-batasan yang tepat. Anjing Yorkie adalah anjing pengawas yang sangat baik. Saat pemilik bisa menunjukkan sikap pack leader yang benar, Yorkshire bisa menjadi anjing yang sangat manis, dicintai, dan bisa dipercaya dengan anak-anak. Anjing Yorkshire adalah anjing kecil aktif yang membutuhkan jalan kaki setiap hari. Bermain bisa memenuhi kebutuhan latihan fisik yang mereka butuhkan, namun seperti halnya semua anjing, hal itu tidak dapat memenuhi insting alami mereka untuk berjalan. Perawatan rutin diperlukan bagi anjing Yorksire. Sisir dan sikat bulu secara teratur. Jambul atau bulu bagian atas kepala biasanya diikat ke belakang dengan pita. Gigi perlu dibersihkan secara teratur.




Anjing ini memiliki tinggi 15-17 cm dan berat 3,2 kg. Beberapa anjing Yorkie rentan terhadap slipped stifle, bronchitis, infeksi mata, kerusakan dini pada gigi, dan pencernaan lemah. Mereka kadang bisa menderita kelumpuhan di bagian belakangnya yang disebabkan oleh disk hernia dan masalah lainnya pada tulang belakang. Jatuh atau terpentok bisa menyebabkan patah tulang yang rapuh. Indukan anjing Yorkshire kadang memiliki kesulitan saat melahirkan dan memerlukan operasi Caesar. Pastikan untuk memberikan makanan yang berjenis makanan kering atau tulang untuk mengunyah agar membantu gigi mereka tetap bersih dan kuat. Gigi mereka harus dijaga bersih untuk mencegah agar tidak mudah copot dan infeksi.



Artikel Terkait :

0 komentar: