Tuesday, February 11, 2014

Tanda-tanda anjing hamil dan akan melahirkan



Masa kehamilan pada anjing biasanya sekitar 2 bulan dihitung setelah hari pemacakan, pada awal kehamilan biasanya tanda kehamilan secara fisik belum terlalu kelihatan, tapi biasanya sudah mulai terlihat perubahan perilakunya. Sedangkan untuk tanda kehamilan secara fisik biasanya baru kelihatan jelas setelah usia kehamilan 4-5 minggu. Pelajari tanda-tanda anjing hamil berikut ini: 


Kebiasaan:


1.Anjing tiba-tiba tidak tertarik terhadap makanan favoritnya, bisa jadi itu salah satu pertanda morning sickness. Namun ada juga anjing hamil yang nafsu makannya bertambah. Tapi saat akhir kehamilan ada juga anjing hamil yang jadi males makan.
2.Perhatikan perubahan aktivitasnya. Jika terbiasa aktif tapi kini terlihat mudah lelah, bisa saja itu tanda dia hamil.
3.Jika anjing lebih sering berada dalam satu sudut lokasi, bisa jadi lokasi itu dia pilih untuk tempat melahirkan dan merawat anak-anaknya kelak melahirkan. Untuk membuat lokasi tidurnya nyaman, anjing betina juga sering menyeret selimut maupun menggaruk-garuk lantai di bawahnya.
4.Anjing hamil, walaupun masih masa lup biasanya sudah tidak mau dikawin lagi sama pejantan.
5.Anjing hamil sering cari perhatian dan jadi lebih manja.



Fisik:


1.Perhatikan apakah puting susunya membesar. Puting anjing betina akan lebih besar dalam rangka mempersiapkan diri menyusui anak-anaknya.
2.Pada usia kehamilan 4 minggu biasanya perut sudah kelihatan membesar. Kemaluan membengkak setelah masa lup berakhir dan mengeluarkan lendir bening, kemungkinan pemacakan berhasil dan terjadi kehamilan.
3.Saat menyentuh perutnya, perut terasa bergetar.



Masa kehamilan anjing adalah skeitar 56 hari. Biasanya tanda anjing akan melahirkan terjadi dalam rentang waktu usia kehailan ke 56-69 hari. Tanda anjing akan melahirkan tidak jauh berbeda dengan jenis hewan lainnya. Berikut diantaranya:


1.Terjadi pembesaran puting susu anjing dan rontoknya bulu di keitar puting susu tersebut.
2.Anjing sakit perut, ditandai dengan sikapnya yang gelisah, tampak terengah-engah, mengerang kesakitan dan tidak mau makan.
3.Sakit perut pada anjing hamil disebabkan karena terjadinya kontraksi rahim  sebagai akibat meningkatnya beberapa hormone penting untuk membuka serviks. Hal ini adalah hal yang normal.
4.Suhu tubuh anjing menurun 1-2°C di bawah suhu normal 38-39°C.
5.Keluarnya cairan lendir dari vagina sebagai tahap awal proses melahirkan. Lendir ini berfungsi sebagai pelumas yang akan memudahkan proses melahirkan secara normal.




Artikel Terkait :

0 komentar: