Wednesday, February 5, 2014

Persiapan seblum memelihara anjing


Beberapa pertimbangan itu mutlak diperlukan agar tak salah memilih. Kalau kita salah memilih, akan menyebabkan ketidaknyamnan bagi hewan itu dan pemiliknya. Lambat laun bisa mengakibatkan ketidakharmonisan dan akan menurunkan kualitas hidup si anjing maupun tuannya. Padahal salah satu tujuan memelihara hewan adalah meningkatkan kualitas hidup. Sebelum memutuskan membeli anjing, kita harus mencari tahu apakah anjing tertentu aman dipelihara. Semisal anjing Rottweiler tidak disarankan bagi hobiis yang mempunyai anak kecil. Karena anjing ini kurang bersahabat dan tenaganya terlalu besar untuk anak-anak sehingga dikhawatirkan dapat mencelakakan si buah hati.

Jangan sampai kita tertipu. Karena tidak jarang ada pedagang yang tidak jujur. Lain halnya bila kita mendapatkan anjing dari sahabat. Segala hal tentang seluk beluk anjing yang hendak kita pelihara, tentu sudah diketahui secara pasti. Selain itu, tempat juga harus dipikirkan. Untuk anjing ukuran besar, tentu perlu tempat yang lebih besar. Lain halnya dengan ras kecil yang tidak membutuhkan tempat yang luas. Perlu juga diketahui biaya pemeliharaan perbulannya. Sebaiknya disesuaikan dengan isi kantong, hingga hewan itu dapat hidup layak dan pemilik tidak terbebani. Sebagai contoh, anjing jenis Golden Retriever yang beratnya 35kg, membutuhkan sekitar 8kg petfood perbulan, vaksin lengkap, obat cacing(per 3 bulan), sampo dan perawatan lainnya.


Berikut ini  beberapa hal yang perlu anda lakukan. Namun, bukan hal yang mutlak. Tidak harus semuanya dibeli dari produsen khusus anjing jika ingin menekan biaya. Asal anjing merasa nyaman, tidak salah jika anda memilih alternatif lain. Hal-hal yang perlu disiapkan seiring dengan datangnya anak anjing kesayangan anda adalah sebagai berikut.

1. Kandang kawat/besi atau kandang yang terbuat dari plastik
(untuk alternatif, anda bisa menggunakan boks plastik apa saja.  Kemudian buat lobang seperti jalan pintu keluar bagi anjing. Pastikan sirkulasi udara tetap terjaga)

2. Tempat makan anjing
(terbuat dari bahan yang mudah dicuci, tidak gampang rusak oleh gigitan anjing. Bahan stainless steel/plastik yang keras merupakan pilihan yang bagus)

3. Ban leher, tali penuntun, tali badan
(lebih baik terbuat dari bahan nilon)

4. Mainan anjing
(untuk digigit seperti tulang imitasi, bola kecil dan mainan lain yang bisa digigit anjing namun tak mudah rusak)

5. Alat-alat mandi dan cukur
(agar tidak memakan biaya, kita cukup membeli shampo atau sabun khusus anjing, spon 2 permukaan yang biasa digunakan untuk mencuci piring serta peralatan lain yang kerap kita gunakan sehari-hari)

6. Pakan kering yang berkualitas

7. Siapkan jadwal makan dan bermain


8. Buku, majalah, situs-situs di internet mengenai dunia anjing perlu dibaca untuk menambah wawasan mengenai cara memelihara anjing.





Artikel Terkait :

0 komentar: