Wednesday, February 5, 2014

Peraturan dasar perwatan anak anjing


Memiliki seekor anakan anjing adalah hal yang sangat menyenangkan tetapi ada banyak tanggung jawab yang harus kita lakukan selaku pemilik. Berikut adalahtips tentang apa yang harus dilakukan dalam pemeliharaan anakan anjing yang tertuang dalam 10 poin.

Poin No.1 : Mulai melatih anakan anjing anda pada hari pertama ia tiba dirumah anda.
Anjing tidak lahir dalam keaadaan terlatih. Ia akan melihat anda sebagai pelatihnya. Apa yang boleh dia lakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan harus anda ajarkan sejak hari itu. Gabungkan latihan ini dengan permainan agar ia tidak bosan dan terjalin hubungan pertemanan yang baik dengannya. Melalui latihan ini, anakan anjing akan mengetahui apa yang diharapkan oleh majikannya.

PoinNo.2 : Anakan anjing perlu nutrisi yang seimbang.
Makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah hal yang wajib baginya untuk pertumbuhan yang sempurna. Anakan anjing memerlukan asupan protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang benar. Anakan anjing sebaiknya diberikan makanan dalam bentuk konsentrat supaya ia dapat menerima semua gizi yang diperlukan tanpa memberatkan sistem pencernaannya. Selalu sediakan air minum yang bersih.

PoinNo.3 : Biasakan anakan anjing digrooming.
Mulai menggrooming anak anjing anda dari usia dini agar ia terbiasa dengan hal ini. Anjing yang terbiasa dan tenang ketika digrooming akan memudahkan pekerjaan anda.

PoinNo.4 : Anakan anjing memerlukan perawatan gigi.
Pada kenyataannya, gigi yang tidak terawat dapat menyebabkan berbagai Penyakit dikemudian hari. Biasakan untuk membersihkan gigi anakan anjing anda dari awal. Plak dan tartar akan ditemukan pada anjing yang berumur lebih dari 2 tahun yang tidak menjalankan perawatan gigi. Penumpukan plak dan tartar pada gigi merusak email gigi dan gusi sehingga menimbulkan masalah pada kesehatannya.

PoinNo.5 : Beri olahraga pada anakan anjing.
Bagian dari aktifitas normal anakan anjing adalah olahraga yang teratur. Kebutuhan anjing akan olahraga ini tidak hanya tergantung dari ukuran tubuh anjing saja tetapi juga dari jenis trahnya. Jangan memberikan olahraga yang terlalu berat untuk anakan anjing karena tulang-tulang mereka belum tumbuh dengan sempurna. Gabungkan antara permainan dengan olahraga.


PoinNo.6 : Cek kesehatan pada dokter hewan secara teratur.
Idealnya, anda sudah memiliki calon dokter hewan yang akan menjadi langganan anda sebelum anda memiliki anakan anjing. Begitu anakan anjing anda tiba dirumah, bawa dia ke dokter hewan keesokan harinya untuk mengecek kesehatannya secara menyeluruh. Minta dokter hewan untuk membuatkan jadwal Vaksin untuknya. Buat suasana yang menyenangkan ketika anda mengajak anakan anjing anda ke dokter hewan agar ia tidak merasa takut untuk bertemu dokter hewannya.

PoinNo.7 : Lakukan cek kesehatan dirumah.
Jadwalkan secara berkala pemeriksaan kesehatan dirumah. Periksa berat badannya, kulit dan bulu, mata dan telinga, gusi dan gigi, dan kejanggalan dibagian kulit. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan sebaiknya hubungi dokter hewan anda. Artikel tentang cek kesehatan dirumah akan menyusul).

Poin No.8 : Memperkenalkan anakan anjing pada anjing lainnya.
Jika dirumah anda sudah memiliki anjing yang lain sebaiknya dilakukan perkenalan diantara mereka. Anjing yang sudah tinggal lebih lama akan merasa dirinya adalah penguasa dirumah tersebut. Sedangkan anakan anjing biasanya akan menyepelekan hal ini sehingga dapat membahayakan jiwanya. Sebaiknya anda melakukan pengawasan selama beberapa hari agar proses pembauran ini berjalan dengan lancar. Begitu anakan anjing sudah tahu, dia tidak akan berkelakuan seenaknya dihadapan anjing seniornya.

Poin No.9 : Berikan pujian untuk hal baik yang ia lakukan.
Jadikan anakan anjing ini sebagai anggota dari keluarga anda. Jika ia berbuat hal-hal yang benar dan menyenangkan anda, beri dia pujian. Jika ia melakukan kesalahan, langsung berikan teguran pada saat itu juga agar ia dapat membedakan mana yang dapat membuat anda senang dan mana yang dapat membuat anda marah. Pada dasarnya anjing ingin melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi majikannya.

PoinNo.10 : Bersabar dan menikmati.

Membesarkan anakan anjing memerlukan kesabaran yang tinggi. Cari tahu berbagai tips atau artikel tentang hal ini, jika perlu anda dapat berkonsultasi dengan dokter hewan anda. Adakalanya, anakan anjing berbuat sesuatu sehingga membuat kita jengkel tetapi disaat-saat tertentu ada perasaan puas dan haru melihatnya tumbuh dengan baik dan ceria.




Artikel Terkait :

0 komentar: