Tuesday, February 18, 2014

Kucing Scottish Fold


Kucing Scottish Fold merupakan jenis kucing unik yang memiliki penampilan berbeda dengan kucing lainnya. Jika kebanyakan kucing memiliki daun telinga yang meruncing, maka kucing ini memiliki daun telinga yang menutup. Sehingga kucing ini pun mendapatkan sebutan sebagai kucing berwajah burung hantu. Silahkan lihat Sejarah Kucing Scottish Fold untuk mengetahui asal-usul kenapa kucing ini bertelinga mengatup.


Kucing Scottish Fold merupakan jenis kucing berukuran medium yang memiliki berat antara 4 hingga 6 kg untuk jantan, dan 2,7 hingga 4 kg untuk betina. Matanya besar dan bulat dengan hidung pesek, dan bentuk kepala yang juga bulat. Leher serta ukuran kakinya juga pendek. Kucing ini dapat hadir dalam versi bulu panjang ataupun bulu pendek dengan warna bulu yang sangat variatif. Meskipun namanya adalah Scottish Fold, tetapi pada kenyataannya beberapa kucing ini lahir dengan kondisi telinga yang tidak fold (melipat), tetapi dengan bentuk telinga yang meruncing seperti kebanyakan jenis kucing lainnya.



Temperamen kucing Scottis Fold (entah itu yang bertelinga meruncing atau yang mengatup) biasanya ramah, tenang, dan bisa bersahabat dengan binatang piaraan lainnya. Mereka juga dikenal senang bermain, setia, suaranya lembut, cukup cerdas, dan mudah beradaptasi dengan situasi rumah, dan penghuninya, termasuk anak-anak. Kebiasaan unik yang dimiliki oleh kucing Scottish Fold antara lain, kucing ini tidak mendengkur. Kucing ini biasa tidur terlentang. Mereka juga dikenal sering duduk dengan dua kaki belakangnya selonjor, sementara kedua kaki depannya berada di perut. Posisi ini sering disebut dengan "Posisi Budha". Rata-rata harapan hidup kucing Scottish Fold adalah sekitar 15 tahun. namun kucing ini rentan terhadap penyakit polycystic kidney disease (PKD) dan cardiomyopathy.



Artikel Terkait :

0 komentar: