Sunday, February 16, 2014

Kucing Oriental Shorthair


Kucing Oriental Shorthair (OSH) berasal dari kucing Siamese (Siam, Thailand) yang dikawinkan dengan berbagai kucing domestik untuk memperoleh berbagai keragaman warna dan pola. Awalnya ras kucing ini tidak diakui, namun pada akhirnya tahun 1975 kucing Oriental Shorthair diakui di Amerika Serikat, demikian juga dengan Inggris. Kucing ini juga disebut Foreign Oriental Shorthair.


Kucing Oriental Shorthair sebagian besar bertubuh langsing dan anggun. Kepala berbentuk segitiga dengan telinga besar. Matanya berbentuk almond dan miring, dengan demikian terlihat bentuk Orientalnya. Pada umumnya warna mata hijau, namun ada yang berwarna lain. Kucing ini juga memiliki saudara se ras yang berbulu panjang dan diberi nama kucing Oriental Longhair. Perbedaan utama kedua ras ini terletak pada panjang bulunya (sesuai dengan namanya). Kucing Oriental Longhair berbulu panjang, sedangkan Oriental Shorthair berbulu pendek.


Kucing ini termasuk kucing yang cerdas, ramah dan menyenangkan bagi pemiliknya. Kucing ini selalu ingin tahu, ramah, emosional, seandainya menuntut dengan suara yang lembut, namun mendengkur sangat keras ketika bahagia. Ras kucing ini memiliki warna dasar yang beragam, diantaranya putih, merah, krem, hitam, biru, cokelat, lavender, kayu manis, atau coklat kekuningan, terdapat lebih dari 300 warna dan pola kombinasi yang mungkin.



Kepribadian kucing ini sangat mirip dengan kucing Siam, mereka sangat menyenangkan dan menyukai segala macam mainan dan stimulasi. Ini adalah hewan peliharaan yang ideal untuk sebuah rumah tangga yang telah memiliki hewan peliharaan lain, karena kucing Oriental dapat beradaptasi dengan mudah dan sangat ramah terhadap kucing lain, bahkan anjing.


Artikel Terkait :

0 komentar: