Monday, February 17, 2014

Kucing Kurilian Bobtail


Kucing Kurilian Bobtail merupakan jenis kucing yang berasal dari kepulauan Kuril (sebuah Pulau yang menjadi sengketa antara Rusia dan Jepang), Pulau Sakhalin, dan Semenanjung Kamchatka, Rusia. Ras kucing yang satu ini hadir dalam 2 versi yaitu semi-longhair dan shorthair. Kucing Kurilian Bobtail memiliki tubuh yang terlihat agak bulat, serta ekor pendek yang berbulu dan melengkung. Penampilannya terlihat mirip dengan kucing Japanese Bobtail. Hanya saja kucing Japanese Bobtail cenderung lebih ramping.  Namun untuk lebh spesifiknya, silahkan liat saja langsung pada gambar di atas.


Kucing jenis ini juga  mempunyai nama lain yaitu Kuril Islands Bobtail, Kuril Bobtail, Curilsk Bobtail ataupun Kuril. Kadang-kadang juga disebut dengan Kurilean. Kucing Kurilian merupakan ras yang terbentuk dan berkembang secara alami. Diketahui, mereka sudah ada di Pulau asalnya tersebut sejak sekitar 200 tahun yang lalu. Dan sekarang kucing ini cukup populer sebagai hewan peliharaan di Rusia dan beberapa negara Eropa. Kucing jenis ini dipelihara terutama karena kemampuan berburu hewan pengerat mereka yang bisa diandalkan. Kemampuan mereka tersebut sudah dimanfaatkan sejak pertengahan abad 20 lalu. Namun sejak tahun 2011, kucing jenis ini terbilang langka di daerah Amerika Utara.



Kucing jenis ini sudah diakui oleh The International Cat Association (TICA) sebagai ras berbulu pendek dan berbulu semi-longhair. Dan sejak November 2011, kucing ras ini sudah mendapatkan status "championship". Sehingga sudah boleh diikutsertakan dalam kejuaraan. Pada bulan itu juga Cat Fanciers Association (CFA) juga sudah mengakui keberadaan ras kucing ini. Di alam liar, kucing ini termasuk pemburu dan penangkap ikan yang cerdas. Hal ini juga menjelaskan bahwa kucing Kurilian ini tidak takut dengan air. Selain itu, penduduk di Kunashir mengatakan kalau beruang pun akan lari ketakutan begitu melihat kucing jenis ini. Kucing Kurilian Bobtail hadir dalam semua warna kecuali colorpoint dan solid. Namun yang paling umu ditemui adalah warna merah hingga abu-abu degan ekor pendek yang bercorak garis-garis.



Artikel Terkait :

0 komentar: