Sunday, February 16, 2014

Kucing European Shorthair


Kucing European shorthair atau sering juga disebut sebagai Celtic Shorthair merupakan jenis kucing berbulu pendek yang berasal dari Swedia. Kucing ras ini masih belum lama diakui keberadaannya dengan tujuan untuk melestarikan jenis kucing yang sudah selama berabad-abad tinggal di kota-kota dan desa-desa di Eropa. Banyak orang yang salah menganggap setiap kucing jalanan di Eropa adalah kucing European Shorthair, padahal pada kenyataannya tidak semua kucing jalanan di Eropa adalah kucing jenis ini.


Kucing European Shorthair masih erat kekerabatannya dengan kucing British Shorthair di Inggris dan kucing American Shorthair di Amerika yang sudah lebih dulu dikembangbiakkan. Namun kucing British Shorthair dalam pengembangbiakannya juga disilangkan dengan kucing Persia untuk menghasilkan British Shorthair yang bulunya lebih lebat dan hidungnya lebih pesek. Yang membingungkan adalah kebanyakan breeder di Skandinavia juga menyebut kucing British Shorthair sebagai European Shorthair. Padahal penampilannya jelas-jelas berbeda. Felinological associations pun akhirnya mencatat kedua ras tersebut sebagai satu ras, hingga akhirnya pada tahun 1982 FIFe mencatat European Shorthair dari Skandinavia sebagai ras tersendiri yang memiliki standar tersendiri.



Dikarenakan kucing ras ini dihasilkan dari mengembangbiakkan kucing domestik biasa yang memiliki temperamen yang sangat berbeda, maka sedikit susah untuk menggambarkan temperamen kucing ini secara utuh. Namun kebanyakan kucing dari ras ini memiliki temperamen yang menyenangkan, meski kebanyakan orang memelihara kucing ini hanya untuk sekedar membasmi tikus. Kebanyakan kucing European Shorthair merupakan kucing yang kuat, aktif, dan bersahabat. Mereka dapat hidup damai dengan jenis kucing lainnya dan bertoleransi terhadap anjing dengan baik juga. Kuicng ini juga dikenal cerdas, senang bermain, dan memiliki keahlian luar biasa dalam menangkap tikus. Kucing European Shorthair merupakan jenis kucing yang paling populer di Skandinavia. Dimana di negara tersebut populasi kucing ras ini tergolong sangat banyak dan sampai terlihat seperti kucing-kucing yang tidak punya tuan di Eropa.





Artikel Terkait :

0 komentar: