Tuesday, February 18, 2014

Kucing Chausie


Kucing Chausie merupakan ras kucing domestik yang dibiakkan dari beberapa jenis kucing nondomestik. Kucing jenis ini pertama kali diakui sebagai kucing domestik oleh The International Cat Association (TICA). Ras kucing ini dimasukkan kedalam kategori "hasil persilangan kucing nondomestik" (nondomestic hybrid source breed) bersama dengan beberapa jenis kucing lainnya seperti Kucing Bengal, dan Kucing Savannah. Dari segi penampilannya, kucing Chausie memang terlihat liar. Namun pada kenyataannya, temperamen kucing Chausie benar-benar sudah menyerupai kucing domestik aslinya. Mereka sangat cerdas, aktif, senang bermain, penuh rasa ingin tahu dan senang jalan-jalan di luar rumah. Saat masih kitty, mereka cenderung sangat aktif dan terlihat selalu sibuk, tetapi begitu menginjak usia dewasa, temperamen mereka akan berubah menjadi lebih tenang, tetapi rasa penasaran dan senang bermainnya tetap ada.


Kucing ras ini tidak senang jika ditinggal sendirian. Mereka butuh teman manusia atau kucing lain sebagai teman bermain. Mereka juga terkenal sangat setia dan senang tinggal bersama orang cerdas yang senang hidup bersama kucing cerdas yang banyak tingkah. Jika dibesarkan satu rumah dengan anjing, maka kucing ini dapat hidup rukun juga dengan anjing tersebut. Kucing berbulu pendek ini memiliki ukuran tubuh yang cenderung medium hingga besar jika dibandingkan dengan ukuran kucing domestik lainnya. rata-rata ukuran tubuh kucing ini kira-kira sedikit lebih kecil dari kucing Maine Coon jantan, tetapi lebih besar dibandingkan kucing Siam. Kucing Chausie jantan dewasa beratnya sekitar 4,5 hingga 7,5 kg. Sedangkan yang betina berukuran sekitar 3,4 hingga 5 kg.



Karena tubuh kucing Chausie dibentuk untuk berkemampuan lari dan lompat yang handal, maka tubuh mereka cenderung panjang dan jangkung. Mungkin anda akan mendapati kucing Chausie yang memiliki ukuran tubuh lebih besar, tetapi sebenarnya berat badannya senantiasa proporsional. Warna bulu kucing Chausie yang standar dan diakui oleh TICA adalah hitam mutlak, hitam tutul, dan black grizzled tabby. Namun karena ras kucing ini masih tergolong baru, maka kemungkinan besar beberapa anakan kucing Chausie akan lahir dengan pola dan warna yang bermacam-macam. Namun kecenderungan warna bulu yang dimiliki oleh kucing ras ini adalah warna tabby.



Artikel Terkait :

0 komentar: