Sunday, February 16, 2014

Kucing Chartreux


Kucing Chartreux merupakan ras kucing domestik yang berasal dari Perancis dan sudah diakui oleh banyak Registry di seluruh dunia. Namun GCCF di Inggris tidak mengakui keberadaan kucing ras ini. Alasannya adalah karena kucing ini dianggap terlalu mirip dengan kucing British Shorthair. Kucing ras ini merupakan jenis kucing berbulu pendek dengan ukuran tubuh besar dan berotot. Kucing jenis ini memiliki refleks yang sangat cepat. Temperamen kucing Chartreux cenderung tenang, jarang mengeong, dan sangat cerdas. Konon mereka mampu belajar untuk membuka kunci kait pada pintu.


Kucing ini juga dikenal sangat senang bermain. Mereka dapat dilatih untuk mengambilkan barang seperti layaknya seekor anjing. Tidak mengkhawatirkan jika mereka berada di dekat anak-anak dan dapat hidup berdampingan dengan binatang lainnya. Namun untuk berdampingan dengan hewan yang ukurannya lebih kecil sepertinya perlu dilatih sejak dia masih kecil, karena pada dasarnya kucing ini merupakan seekor kucing pemburu yang handal. Mereka cenderung tidak agresif, penyayang, senang bepergian, dan cenderung memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik.


Meskipun kucing ini akan menyayangi seluruh anggota keluarga dalam satu rumah, tetapi pada kenyataannya kucing ini akan memilih salah satu anggota keluarga sebagai orang yang paling dia sayangi, dan dia akan sangat senang dan sering mengikuti orang tersebut saat beraktifitas di dalam rumah. Kucing Chartreux terkenal dengan bulu pendek dua lapis berwarna abu-abunya yang tahan air dengan bola mata berwarna oranye atau warna tembaga. Kucing ini juga dikenal karena senyumnya. Struktur tengkorak dan rahangnya yang sedikit berbeda membuatnya sering terlihat seperti tengah tersenyum.



Yang unik dari kucing ras Chartreux ini adalah mereka mempunyai nama panggilan resmi yang dibedakan menurut tahun lahirnya. Mereka akan mendapatkan nama panggilan resmi dengan huruf alphabet yang diurutkan dari A-Z yang berada pada awal nama untuk menunjukkan tahun kelahirannya. Semua kucing Chartreux yang lahir pada tahun yang sama akan memiliki nama dengan huruf depan yang sama. Misalnya kucing Chartreux yang lahir pada tahun 2011 akan memiliki nama panggilan resmi dengan huruf awal "G".


Artikel Terkait :

0 komentar: