Monday, February 17, 2014

Kucing American Curl


Kucing american Curl berasal dari Lakewood, California, Amerika Serikat. Berawal dari penemuan 2 ekor kucing liar pada Juni 1981 oleh keluarga Ruga, ras kucing ini mulai terbentuk. Dua ekor kucing yang mereka temukan pada saat itu merupakan kucing dengan bulu panjang, dimana yang satu berbulu hitam, dan yang satunya berbulu putih-hitam. Keduanya kemudian diberi nama Panda dan Shulamith. Namun beberapa minggu kemudian Panda menghilang. Sehingga Shulamith menjadi nenek moyang betina dari ras American Curl saat ini.


Kucing American Curl memiliki 2 versi yaitu Kucing American Curl berbulu panjang dan Kucing American Curl berbulu pendek. Kucing ini terkenal dengan bentuk daun telinganya yang tidak biasa. Bentuknya melengkung ke dalam menyerupai tanduk banteng kecil. Telinganya tergolong rapuh. Perlu penanganan yang hati-hati terhadap daun telinganya ini agar tidak terjadi patah tulang rawan. Pada tahun 1983, seekor kucing American Curl diikutkan dalam cat show untuk pertama kalinya. Dan pada tahun 1987 seekor kucing Amerikan Curl berbulu panjang menjadi juara The International Cat Association (TICA). Lalu pada tahun 1993, kucing ini menjadi ras pertama yang dimasukkan dalam 2 kelas lomba sekaligus dalam ajang Cat Fanciers' Association (CFA) Championship, yaitu kelas kucing berbulu panjang dan kelas kucing berbulu pendek.


Kucing American Curl merupakan jenis kucing berukuran medium dengan berat antara 5 - 10 lbs. Mereka merupakan kucing yang kuat dan sehat, serta tidak menderita kelainan genetik seperti yang banyak dialami oleh kucing ras murni lainnya. Anakan American Curl lahir dengan bentuk daun telinga lurus, dan baru mulai terlihat melengkung setelah umurnya menginjak 10 hari. Telinga tersebut akan terus mengalami pelengkungan hingga usianya menginjak 4 bulan. Baru setelah usianya menginjak 4 bulan, telinganya yang melengkung tersebut akan mengeras dan kaku.



Mungkin American Curl yang dipelihara banyak yang memiliki telinga yang tidak begitu melengkung atau bahkan malah terlihat lurus, tetapi untuk diikutkan dalam lomba, telinga kucing ini harus melengkung dengan sudut lengkung sekitar 90 dan 180 derajat. Semakin melengkung semakin baik, tetapi akan didiskualifikasi jika melengkungnya tersebut sampai menyentuh kepala si kucing. Baik yang berbulu panjang ataupun yang berbulu pendek, keduanya memiliki tekstur bulu yang lembut, dan halus. Dan konon bulu mereka ini tidak memerlukan banyak perawatan. Untuk saat ini (2012), kucing ini masih tergolong tidak banyak dipelihara di penjuru dunia. Di luar Amerika, mungkin baru bisa ditemui di Spanyol, Perancis, Jepang, Rusia dan beberapa negara saja. Karena bukan kucing hasil persilangan atau rekayasa genetik, kucing American Curl cenderung memiliki kondisi kesehatan yang baik. Mereka tidak diketahui memiliki penyakit turunan, selain telinganya yang melengkung.



Artikel Terkait :

0 komentar: