Tuesday, February 11, 2014

Kandang anjing


 Ada 2 jenis kandang anjing:

                                                
1.
Permanen.
Kandang anjing di buat mengunakan pagar atau teralis besi dan biasanya diletakkan di sudut-sudut halaman rumah. Untuk pembuatan kandang ini, sebaiknya dipikirkan betul-betul sesuai kebutuhan anjing, karena apabila salah membuat akan sulit jika harus membongkarnya lagi. Perhatikan lokasi, sebaiknya kandang memiliki atap untuk anjing berteduh. Selain itu sebaiknya lokasinya terpapar sinar matahari pagi agar si anjing dapat bejemur dan kandang pun tidak menjadi lembab. Lantai pada kandang pun sebaik nya di buat miring agar dapat mengalirkan air, sehingga tidka membuat genangan air dan lantai pun di buat kasar.
2.
Tidak Permanen.
Merupakan kandang yang banyak di jual di petshop. Umumnya terbuat dari besi ataupun alumunium. Kelebihan kandang ini adalah praktis, simpel, tetapi kekurangannya yaitu minimnya ruang gerak. Sebaiknya pilih kandang yang berbahan kuat dan sesuaikan dengan ukuran anjing. Perhatikan jeruji bawah kandang, jangan sampai celah nya lebih besar dari pada telapak kaki anjing nya. Untuk kandang anjing berbahan kayu sangat tidak direkomendasikan, karena kayu menyerap air, sehingga kandang akan menjadi lembab, mengundang kutu dan penyakit-penyakit  kulit lainnya.


Beberapa persyaratan ini harus terpenuhi dalam membuat kandang anjing:


1.
Kandang harus memiliki tempat untuk berteduh dari panas matahari dan hujan . Perbandingan tempat berteduh dengan terbuka adalah sekitar 30:70 atau 40:60.
2.
Bagian untuk berteduh harus terkena matahari pagi atau menghadap ke timur agar bebas dari jamur dan tidak panas pada sore hari.
3.
Keseluruhan kandang memiliki ventilasi yang baik atau mendapat aliran udara yang cukup.
4.
Tersedia ruang yang cukup untuk bermain.
5.
Tersedia ruang untuk buang kotoran.
6.
Lantai memiliki sudut kemiringan yang cukup sehingga terhindar dari genangan air jika hujan atau sehabis dibersihkan.
7.
Lantai tempat bermain menggunakan semen, paving blok atau ditanami rumput.  Jika lantai tempat bermain menggunakan semen, sebaiknya dibuat agak kasar agar tidak licin sewaktu basah.
8.
Ukuran kandang sesuaikan dengan ukuran anjing dan jumlah anjing yang dipelihara. Untuk anjing trah besar seperti Rottweiler minimal 1m x 3m . Ukuran juga dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia.



Artikel Terkait :

0 komentar: