Wednesday, February 5, 2014

Cara memandikan anjing


Anjing adalah salah satu hewan yang dapat anda pelihara, dibeberapa negara maju bahkan Anjing telah menjadi hewan teman dan bahkan sudah dianggap sebagai salah satu anggota keluarga mereka. Ada juga Anjing yang juga digunakan oleh institusi pemerintahan yang bertugas menjadi pembantu kinerja mereka seperti Anjing Herder dan Labrador Retrievers. Selain bisa dijadikan teman dan anjing pelacak, ada juga Anjing yang bisa anda gunakan sebagai penjaga rumah. Sudah dipastikan orang yang memelihara Anjing pasti sangat sayang dengan hewan peliharaan.

Berikut terdapat panduan memandikan anjing peliharaan dengan baik dan benar bagi pemula:

1. Persiapan
Sebelum anda memandikan anjing tentunya yang pertama anda lakukan adalah persiapan yang harus anda lakukan. Pertama gunakan rantai leher/ ban leher anjing dan tutup telinga anjing dengan kapas. Siapkan tempat memandikan anjing, tempat mandi anjing yang benar adalah memiliki alas yang tidak licin yang terbuat dari karet.

2. Memandikan
Setelah persiapan sudah selesai, maka ini saatnya anda mengangkat anjing yang akan anda mandikan ke tempat mandi yang telah anda persiapkan. Lakukan pemandian ajing dengan cara tangan kiri memang ban leher/rantai anjing, usahakan anda dapat mempertahankan posisi anjing.
 Kemudian siram anjing dengan tangan kanan anda dengan air hangat ke badan anjing dengan hati-hati. Setelah dipastikan bulu anjing anda basah semua, kemudian tuangkan shampo anjing (shampo khusus) ke tangan anda yang kemudia anda ratakan keseluruh tubuh anjing kecuali bagian kepala anjing. Saat meratakan shampo ke tubuh anjing usahakan shampo jangan sampai terkena mata karena bisa membuat anjing anda tidak nyaman dan memberontak. Selain itu anda harus memijat pelan-pelan pada kulit anjing.

3. Pembilasan
Setelah anjing anda selesai diberikan shampo keseluruh tubuh kini saatnya anda membilasnya dengan air bersih secara pelan-pelan mulai dari kepala lalu lanjut ke seluruh tubuh anjing.

4. Pengeringan

Langkah selanjutnya ambil handuk kemudian usapkan ke bagian kepala anjing kemudia diikuti ke seluruh bagian tubuh anjing lainnya. Pastikan tidak terdapat kotoran yang masih menempel pada bulu anjing. Sebelum melakukan pengerian dengan alat pengering rambut (hair dryer) lepas dulu kapas yang anda masukan ke kedua kuping anjing. Kemudian lakukan pengeringan dengan hair dryer keseluruh bulu anjing.



Artikel Terkait :

0 komentar: