Monday, January 27, 2014

Saluki dan Lhasa Apso

Saluki


Saluki atau Greyhound Persia kemungkinan adalah jenis anjing piaraan yang paling awal di dunia. Saluki dikategorikan sebagai jenis anjing ras murni, kemungkinan dibiakkan manusia sejak 7000 tahun yang lalu. Temuan terbaru tentang asal mula Saluki adalah sebuah ukiran kuno yang ditemukan di Tepe Gawra, yang kini adalah Irak. Saluki dikenal luas karena kecantikan, kecepatan dan ketahanannya. Sejarahnya Saluki mengembara bersama bangsa nomadik melintasi wilayah Timur Tengah, dari gurun Sahara ke Laut Kaspia. Hasilnya terdapat berbagai jenis sub-tipe Saluki, dari variasi warna dan kulitnya pada sepanjang daerah-daerah tersebut.


Lhasa Apso


Lhasa Apso berasal dari Tibet dimana mereka hidup di ketinggian dan iklim yang sulit. Ia harus menjadi seekor anjing tangguh berukuran kecil untuk bertahan pada kondisi-kondisi seperti ini, dan hal ini berpengaruh besar terhadap perkembangannya. Bulu panjang dengan undercoat yang lebat memberikannya perlindungan selama musim dingin, dan bulu yang menutupi mata, melindungi mereka dari angin, debu dan kesilauan.


Lhasa Apso merupakan satu dari beberapa jenis trah bagian Timur yang datang ke bagian Barat. Apso pertama tiba di Britania pada awal 1920an dan diikutkan dalam pertandingan di London setelahnya. Ketika Apso pertama kali terlihat di Britania, mereka bingung dengan anjing oriental yang berbulu panjang, lebat dan kasar, dan semua dinamakan “Lhasa Terriers”. Setelah perbedaan dibuat, antara Apso dan Tibetan Terrier yang mana diduga merupakan salah satu moyang dari Apso. Klub trah untuk Lhasa Apso dibentuk di Britania pada tahun 1933.




Artikel Terkait :

0 komentar: