Monday, January 27, 2014

Mengenal Araipama Gigas



PENDAHULUAN
Arapaima, pirarucu atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan
 Arapaima Merupakan kerabat dekat Arwana, Arapaima ditemukan di sungai Amazon, dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia.Di tempat asalnya Amazon,Araipama dijadikan sebagai konsumsi oleh penduduk setempat hingga akhirnya pemerintah dunia melindungi keberadaan ikan ini.Kulit dari ikan ini sangat kasar,sehingga dapat digunakan oleh penduduk sebagai amplas kayu. Pada saat air di lingkungan ikan ini menyusut,dan kadar oksigen menurun maka ikan ini akan muncul ke permukaan untuk menghirup oksigen.
Arapaima gigas adalah jenis ikan predator yang bisa memakan hampir semua binatang yang bisa ditelan olehnya. Namun makanan utamanya adalah ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil. Walaupun terkadang ikan ini bisa memakan unggas, katak, atau serangga yang berada di dekat permukaan air.
IKAN INI HANYA ADA 1 VARIATES.


HABITAT ARAPAIMA
Arapaima gigas adalah ikan yang sangat mudah beradaptasi, jadi hobis tidak perlu khawatir memikirkan parameter air yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan ikan ini. Walaupun di habitat aslinya arapaima hidup di air dengan suhu 25°C - 29°C dan PH 6.0 - 6.5, namun ikan ini bisa tetap tumbuh dengan baik di air dengan suhu mencapai 310C dan PH mencapai 8.5 – 9.

ANATOMI dan MORFOLOGI ARAPAIMA 

Arapaima dapat mencapai panjang lebih dari 2 m (6,6 ft), dalam beberapa kasus luar biasa bahkan lebih dari 2,5 m (8,2 ft) dan lebih dari 100 kg (220 lbs). Berat maksimum untuk spesies adalah 200 kg (440 lbs). Arapaima ikan air tawar terbesar di Amerika Selatan. Sebagai salah satu yang paling dicari setelah spesies ikan makanan di Amerika Selatan, sering ditangkap terutama oleh jaring genggam untuk ekspor, dengan spearfishing untuk konsumsi lokal, dan, akibatnya, arapaima besar lebih dari 2 m jarang ditemukan di alam liar. saat ini dalam akuarium Camden di Camden, New Jersey, arapaimas berada di pameran bersama dengan arowana dan spesies lainnya.

BAGIAN TUBUH ARAPAIMA:




Pernafasan
Arapaima termasuk ikan yang bernapas dengan menghirup udara langsug dari udara atmosfer. Oleh karena itu, ikan ini harus muncul ke permukaan air setiap 5 – 20 menit sekali untuk menghirup udara, tergantung pada ukurannya. Ikan arapaima muda, biasanya muncul dipermukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 15 – 20 menit sekali. Meskipun arapaima menyelam di bawah air selama beberapa menit, ikan ini cenderung untuk tetap dekat permukaan air, dimana mereka berburu dan sering menghirup udara yang menimbulkan suara unik seperti suara batuk.


PERKEMBANGBIAKAN ARAPAIMA
Kemampuannya untuk mengambil air di udara bebas ini merupakan hasil adaptasi dengan lingkungannya yang merupakan kawasan pasang surut di sungai Amazon. Dengan kemampuannya tersebut arapaima bisa bertahan hidup walaupun dengan kondisi air yang sangat minim oksigen pada musim kemarau. Dan saat musim inilah biasanya arapaima berkembang biak, tepatnya menjelang musim penghujan.
Arapaima gigas merupakan jenis ikan egg-layer mouth-brooder. Jadi pada saat musim kawin sepasang arapaima gigas akan membuat sarang di dasar genangan air dengan diameter kira-kira 50 cm dengan dalam 15 cm. Sang betina akan melepaskan telur di sarang tersebut yang kemudian dibuahi oleh pejantannya. Setelah dibuahi, maka telur-telur tersebut akan dierami di mulut sang pejantan. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi kurangnya supply oksigen bagi larva arapaima gigas yang baru menetas. Biasanya larva-larva tersebut sudah mulai bisa mandiri pasa saat datangnya musim penghujan, dimana air melimpah dan supply makanan pun melimpah.


Fakta Profil Ikan dan Informasi Perawatan 


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Osteoglossiformes
Famili: Osteoglossidae
Upafamili: Heterotidinae
Genus: Arapaima
Spesies: A. gigas

Nama binomial

Arapaima gigas (Cuvier, 1829)
 Sedangkan hal utama yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan arapaima gigas ini adalah ketersediaan tempat dan makanan. Ukuran maksimalnya yang mencapai 3 meter terkadang menyulitkan bagi para hobis dalam memelihara ikan ini. Tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memeliharanya dalam akuarium, oleh karena itu kebanyakan hobis memeliharanya dalam kolam outdoor. Selain itu ikan ini merupakan ikan pemangsa yang rakus. Jadi perlu dipersiapkan pula ketersediaan pakan yang memadai bagi ikan ini. Dan tentu saja ini tidak murah.

- Setup Tank dan beberapa tips sekaligus deskripsi singkat.
Ikan ini memerlukan aquarium yang sangat besar,dikarenakan ikan ini dapat tumbuh dengan cepat dan maksimal tumbuh mencapai 5meter di alam liar.Untuk setuptank nya dapat dibuat polos seperti gambar aquarium diatas,dapat juga dengan gravel,bebatuan dan tanaman agar terkesan alami.Zona renang ikan ini biasanya berada di tengah dan atas permukaan dengan suhu 24-30derajat celcius.Untuk sedikit derskripsinya ikan ini termasuk ikan lidah bertulang/”Bony tounge”dan termasuk ikan yang dilindungi!!!
- Pakan.
Ikan ini termasuk ikan Karnivora yang memakan berbagai pakan hidup,walaupun dia masih dapat menerima pakan non hidup lainnya.
*hidup : anakan ikan, jangkrik/belalang, udang sungai dan tikus
*non hidup : Ikan mati,daging yang sudah diris-iris.
- Penyakit yang sering menyerang ikan ini.
Masih belum diketahui beberapa penyakit yang rentan terhadap ikan ini,namun ikan ini termasuk ikan yang kuat,jadi dia tidak gampang mati pada saat baru memeliharanya. 


- Fakta tambahan.
1.Ikan ini masih bersaudara dengan Arowana yang sama-sama bony tounge.
2.Ikan ini mempunyai lidah yang hampir sepanjang 15meter!!!
3.Apabila sedang terjadi kekeringan disungai,maka ikan ini akan menggulungkan badannya dan membentuk bola lalu bersembunyi di dalam liang sampai air kembali datang.

0 komentar: