Saturday, January 25, 2014

keunikan burung merpati

Merpati adalah salah satu hewan yang memiliki jumlah keunikan salah satu keunikan yang paling menonjol adalah kesetiaan pada pasangan, sekali mengikat janji sepasang merpati akan setia sampai mati. Biasanya seekor merpati jantan tidak akan berganti pasangan dengan merpati betina lain. Jika musim kawin tiba burung merpati jantan ini akan selalu mengikuti kemanapun burung betina pasangannya pergi. Kemudian setelah merpati betina bertelur, merpati jantan akan dengan setia bergantian mengerami telurnya, dan setelah telur mereka menetas merpati jantan serta betina akan memberi makanan melalui mulut mereka kepada anak-anaknya.

Banyak fakta menyebutkan bahwa burung memiliki kemampuan yang lebih baik di banding species lain. Fakta ini juga berhubungan dengan kemampuan dan karakter merpati.
Selain merpati sebutan lain untuk burung jenis ini adalah burung dara, jangan-jangan, rock pigeon, dan rock dove, secara ilmiah burung merpati memiliki nama Columba livia keluarga famili Columbidae yang beranggotakan lebih dari 300 jenis.

Jumlah ragam atau varietas burung merpati saat ini diperkirakan mencapai 400-600 varietas (baik yang telah memenuhi standart maupun yang sifatnya lokal).

Burung merpati berasal dari Eropa, Afrika, dan Asia. 
Habitat merpati umumnya di daerah pesisir namun sekarang sudah dapat di temukan dimanapun sebagai burung peliharaan atau tangkaran.
Populasi merpati memang menyebar secara global sehingga dapat ditemui hampir di belahan dunia kecuali Gurun Sahara, Antartika dan Dataran tinggi Artik. Ada informasi yang mengatakan jika populasi merpati di Eropa saat ini mencapai 20-30 juta ekor. Dan satu lagi yang menarik di ketahui yaitu jika merpati karang atau Columbia livia merupakan induk dari semua merpati hias yang ada saat ini.

sumber : http://krisanputihku.blogspot.com/

0 komentar: