Saturday, January 25, 2014

Cara agar burung merpati mau menghuni rumah

Cara agar burung merpati mau menghuni rumah

Memelihara burung merpati pada tahap awal memerlukan tindakan yang benar termasuk juga dalam hal penerapan cara agar burung merpati mau menghuni rumahya, tentunya sangat menyedihkan jika burung dara kesayangan yang telah kita beli dengan segala perjuangan, mengeluarkan biaya mahal, ternyata hilang begitu saja karena ketika dilepas tidak mau kembali ke kandang, padahal kandang tersebut  telah kita siapkan dengan susah payah dan desain sebagus mungkin. disini BurungDara.com memberikan tips untuk mengatasi hal ini, semoga bermanfaat bagi yang sedang mulai beternak burung merpati.



Menyiapkan kandang yang bagus dengan ukuran minimal 20 cm x 40 cm lengkap dengan lubang pintu untuk masuk. kandang diletakan pada posisi yang mudah dijangkau burung dara, terlindung dari panas dan hujan.
Membeli burung dara sepasang jantan dan betina, karena kalau hanya satu dikahawatirkan akan kabur mencari pasanganya.
Burung merpati yang baru saja dibeli tidak bisa langsung dilepas begitu saja, tapi perlu dilakukan tindakan khusus agar melupakan rumah lama dan mau tinggal di rumah kita yang baru.
Burung dikurung ditempat gelap dalam waktu 3 sampai 7 hari (makin lama makin bagus), kurungan dilengkapi dengan makanan dan minuman kesukaan agar merpati tetap sehat.
Pagi dan sore hari kita mandikan burung agar segar.
Setelah 7 hari , kira-kira jam 19.00 kita letakan merpati pada kandangnya, jadi pada malam hari mereka tidur di rumah yang telah kita sediakan.
Pagi harinya kita bisa lihat sepasang merpati sedang meneliti rumah barunya, terkadang terbang kesana kemari lalu kembali ke kandang. makanan bisa kita berikan dengan melemparkan jagung atau beras ke atap rumah.
Seharian burung berlatih mengenali lingkungan sekitar.
Jika berhasil maka pada sore hari mereka kembali ke kandang dan sudah mulai menghuni rumah barunya.


Begitulah kurang lebih salah satu cara yang bisa dilakukan agar burung dara mau menghuni rumah yang telah kita sediakan. tips diatas tidak berlaku untuk merpati pos, karena jenis burung ini sangat kuat ingatanya terhadap rumah lama, jadi ketika membeli merpati pos sebaiknya memilih yang masih anakan atau piyik.

sumber : www.burungdara.com

0 komentar: