Monday, January 27, 2014

American Pit Bull Terrier


Anjing Pitbull berasal dari persilangan antara bulldog dan terrier yang dilakukan pada abad ke-19. Tujuannya adalah untuk menggabungkan gameness, kecepatan dan kelincahan yang dimiliki terrier dengan kekuatan dan atletis dari bulldog. Anjing ini awalnya dikembangkan untuk mengumpani banteng dan beruang. Namun ketika kegiatan ini dianggap tidak manusiawi, permainan ratting dan dog fighting menjadi lebih populer. Seiring waktu, saat ini anjing pitbull umumnya dipelihara karena loyalitas mereka, kasih sayang dan sikap lembut terhadap tuannya. Di Amerika, petani dan peternaknya menggunakan Pitbull untuk melindungi lahan/ternak mereka, untuk berburu dan untuk mengembalakan ternak. Anjing Pitbull juga digunakan selama perang dunia 1 dan perang dunia 2 sebagai pengirim pesan di medan perang.


American Pitbull Terrier (atau sebutan lainnya Pitbull / APBT) adalah anjing yang sangat kuat, bersemangat dan mempunyai kesetiaan yang tinggi terhadap tuannya. Anjing Pitbull mempunyai tubuh yang berotot, kekar, dan sangat gesit untuk ukuran tubuh sepertinya. Selain itu, ciri lainnya memiliki bulu yang tebal, pendek, mengkilap dengan warna beragam dan umumnya telinga dikupir, meskipun ini adalah opsional.


Anjing Pitbull memiliki keinginan yang kuat untuk menyenangkan tuannya. Mereka adalah anjing penjaga yang pintar, penuh dengan vitalitas dan sangat menjaga tuannya bahkan barang milik tuannya. APBT memiliki Kecenderungan sifat agresif yang alamiah terhadap anjing dan binatang lain, bukan manusia. Bagaimanapun jika mereka disosialisasikan dengan benar oleh Pack leader yang konsisten, percaya diri dan tegas dalam hal ini adalah pemiliknya, maka mereka tidak akan bersikap agresif. Anjing Pit Bull sebenarnya adalah peliharaan yang baik hati, sangat setia, lucu, dan penuh kasih sayang, serta baik dengan anak-anak dan orang dewasa. Mereka hampir selalu menuruti perintah dan selalu bersemangat untuk menyenangkan tuannya.


Anjing Pitbull dapat menjadi anjing yang tidak patuh jika dipelihara oleh pemilik yang tidak tegas karena mereka membutuhkan sebuah aturan yang tegas. Anjing Pitbull umumnya tidak masalah dengan peliharaan lain jika mereka sama-sama dibesarkan sejak usia dini atau sudah disosialisasikan sebelumnya. Mereka sangat bersahabat, namun tidak dianjurkan bagi semua orang, karena tidak semua orang mengerti dengan baik bagaimana membesarkan dan memperlakukan anjing ini. Masalah muncul saat seorang pemilik tidak mengerti akan psikologi anjing dan membuat si anjing menganggap dirinya sebagai bos dari rumah yang ditinggalinya. Untuk anjing yang berukuran lebih kecil dan bukan anjing yang kuat, mungkin tidak terlalu terasa dengan masalah ini, namun untuk jenis anjing yang kuat seperti anjing Pitbull, seorang pemilik harus benar-benar memahami dan mengikuti konsep bagaimana memelihara seekor anjing yang benar.
  


Anjing ini memiliki tinggi 46-56 cm dan berat 10-50 kg. Akan tetapi Pitbull yang memiliki berat tubuh 50 kg itu jarang, berat pada umumnya kisaran 16-25 kg. Pada kenyataannya, Pitbull aslinya memiliki berat 9 -18 kg dan pada awal sejarahnya dibiakkan dengan ukuran kecil untuk menyesuaikan tujuan utama mereka dibiakkan, yaitu untuk diadu. Anjing Pitbull umumnya sehat, meskipun ada beberapa yang rentan terhadap penyakit Hip dysplasia, katarak karena keturunan, alergi rumput dan penyakit jantung bawaan. Pitbull tidak masalah jika tinggal di dalam ruangan seperti apartment jika latihan fisiknya cukup. Mereka bisa aktif dan tidak masalah tanpa adanya sebuah halaman selama mereka mendapat latihan fisik yang cukup. Mereka lebih suka dengan iklim yang hangat.


Anjing Pitbull harus memiliki banyak latihan fisik yang teratur dan sangat perlu untuk selalu dibawa jalan-jalan setiap hari. Lama usia dari pitbull pada umumnya ialah sekitar 12 tahun. Banyaknya makan ialah kisaran 5 -10 anakan. Bulu yang halus dan pendek seperti anjing Pitbull mudah untuk dirawat. Sisir secara teratur dengan bulu sikat yang tegas dan mandikan atau gunakan dry shampoo jika diperlukan. Tingkat kerontokan bulu untuk jenis anjing ini adalah menengah.


Memilih anak anjing memerlukan kesabaran, kejelasan tujuan dan bekal pengetahuan yang cukup agar tidak salah pilih. Membawa pulang anakan yang salah tentu akan menimbulkan banyak persoalan di rumah kita. Khususnya pada jenis ras American Pit Bull Terrier (APBT), kita harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih. APBT selama bertahun-tahun dikembangkan menjadi anjing yang sangat kuat dengan sifat pantang menyerah. Memilih anakan Pit Bull dengan temperamen yang salah, sama dengan menghadirkan monster di tengah keluarga kita. Anakan Pit Bull berusia 3-4 bulan terlihat masih lucu. Tapi ketika dia sudah mulai menginjak usia dua tahun, sifat-sifat negatif yang tadinya tidak terlalu mengganggu akan membawa kerusakan yang merepotkan.


Ada tiga hal yang paling penting dalam memilih Pitbull, pertama adalah temperamen, kedua juga temperamen, dan ketiga baru perhatikan proporsi anatomi. Temperamen adalah sifat atau reaksi individual setiap APBT dalam merespon sesuatu atau ransangan yang dia dapat dari luar. Contohnya, setiap APBT berusia empat bulan akan memberikan reaksi yang berbeda ketika didekati orang yang asing baginya. Ada yang mendekat dan mengajak bermain, pergi menjauh, melakukan obervasi singkat kemudian pergi, atau bersembunyi dibalik pemilik atau ditempat yang aman.


Temperamen dibentuk oleh dua faktor penentu: faktor genetika yang diturunkan oleh induk dan pejantannya, dan faktor pendidikan yang membentuk perilaku semenjak dia kecil. Keduanya sangat penting untuk diperhatikan. Untuk mengetahui sifat yang diturunkan oleh kedua orang tuanya, kita bisa menanyakannya kepada pihak pemilik atau pembiak. Pembiak atau breeder yang baik akan memberikan informasi secara jujur kepada calon keluarga anakan. Pitbull yang punya riwayat agresif terhadap manusia dilarang untuk dikawinkan karena kemungkinan akan menurunkan sifat yang sama. Cara dan pendekatan yang baik, juga harus digunakan oleh pihak pembiak untuk menghasikan anakan dengan temperamen yang baik. Anakan yang selalu berada dalam kandang, akan mempunyai temperamen yang berbeda dengan anakan yang sering diajak bermain dengan bebas di uar kandang. Perhatikan baik-baik cara pembiak dalam memperlakukan anakannya.



Pit Bull dengan kepercayaan diri yang baik akan dengan mudah bersosialisasi dengan orang asing dan tidak merasa takut. Perhatikan posisi ekor ketika anakan berinteraksi dengan kita. Posisis ekor yang baik adalah yang selalu bergoyang dengan riangnya. Ujilah anakan dengan membawanya keluar dari sarang. Pit Bull yang percaya diri akan tetap stabil di lingkungan yang asing. Jika awalnya takut, dia akan segera beradaptasi dengan baik. Ada banyak cara yang digunakan untuk menguji rasa percaya diri ini. Anakan yang baik adalah mereka yang merasa nyaman di dekat kita. Pilihlah anakan yang suka berlama-lama dan menikmati sentuhan kita. Ketika kita sentuh atau belai, dia akan menggoyang-goyangkan ekornya. Anakan yang merasa nyaman berada dekat kita cenderung juga punya percaya diri yang baik dan stabil. Segera tinggalkan anakan yang ketika dibawa keluar kandang, dia selalu berusaha balik ke kandang atau induknya mencari perlindungan.


Pilih juga anakan Pit Bull yang menyukai mainan. Ini penting terutama untuk APBT yang nantinya akan masuk dunia karya guna. Melatih Pit Bull yang menyukai mainan akan lebih mudah dan lebih stabil. Cara menguji yang paling mudah adalah dengan memainkan bola di dekatnya atau dengan menggoyang-gayangkan kain. Perhatikan reaksinya dengan seksama. Pit Bull yang baik juga Pit Bull yang tunduk terhadap manusia. Ketundukan ini bukan akibat dari tekanan atau ketakutan, tapi dari keinginan Pit Bull itu sendiri untuk menyenangkan masternya. Jangan memilih anakan yang terlihat cemas atau takut ketika berinteraksi dengan kita.


Artikel Terkait :

0 komentar: